Sukses

Segera Lakukan Ini untuk Selamatkan Diri Saat Terjadi Gempa

Berikut ini langkah-langkah yang bisa kalian lakukan untuk menyelamatkan diri dari bencana gempa.

Liputan6.com, Jakarta Gempa dengan Magnitudo 7,4 telah mengguncang Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku pada Kamis dini hari, (30/12/2021), pukul 01.25 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui laman resminya menyebut lokasi gempa berada di 7,76 Lintang Selatan-127,66 Bujur Timur dengan kedalaman 210 kilometer.

Tentunya gempa membuat masyarakat panik dan berusaha menyelamatkan diri dari guncangan tersebut. Dilansir dari Liputan6.com, menurut Jonathan Maalette, seorang warga yang tinggal Pulau Wonreli-Kisar di Kabupaten Maluku Barat Daya, guncangan akibat gempa bumi pada Kamis dini hari terasa sangat kuat di daerah tempat tinggalnya.

"Semua orang yang sementara tertidur dikagetkan dengan guncangan tersebut, sehingga lari berhamburan ke luar rumah dan mencari halaman yang terbuka," kata Jonathan saat dihubungi dari Ambon.

Secara spontan orang tentu akan lari keluar bangunan saat terjadi gempa. Namun ada baiknya Anda mengetahui langkah-langkah yang tepat menyelamatkan diri saat terjadi gempa. Dikutip dari Brightside, ada tiga langkah yang bisa kalian lakukan untuk menyelamatkan diri dari bencana gempa. Berikut ulasannya.

  1. Saat terjadi gempa yang perlu dilakukan pertama ialah jangan panik dan berlari, tapi segera berlutut dan menundukkan diri ke tanah.
  2. Selanjutnya adalah lindungi kepala dengan kedua tangan. Anda juga bisa mencari benda kokoh dan berlindung di bawahnya untuk menghindari benda-benda yang berjatuhan.
  3. Terakhir, tunggu hingga guncangan berhenti. Setelah itu Anda juga harus tetap berhati-hati ketika hendak keluar ruangan. Pastikan tak ada benda yang menimpa kalian ketika berjalan ke luar. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jika Anda Berada di Luar Ruangan

Gempa bumi bisa terjadi kapan saja dan tidak dapat diprediksi. Tak menutup kemungkinan gempa terjadi ketika Anda sedang melakukan aktivitas sehari-hari seperti bekerja atau bepergian.

Ketika gempa terjadi ketika Anda berada di luar ruangan, segeralah menjauh dari gedung, tiang listrik dan apapun yang bisa menimpa Anda. Berlarilah ke tempat terbuka dan hindari berlindung di bawah jembatan. Usahakan cari lapangan yang jauh dari bangunan dan tiang.

3 dari 4 halaman

Jika Anda Berada di Dalam Kendaraan

Jika gempa terjadi saat Anda sedang mengendarai mobil atau motor, segeralah mencari tempat aman untuk berhenti. Hindari berhenti di dekat atau di bawah gedung, pohon, jalan layang atau tiang listrik.

Tunggu hingga gempa benar-benar berhenti. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan perjalanan untuk menyelamatkan diri. Namun, hindari melewati jembatan atau jalan layang yang bisa saja hancur akibat gempa.

 

4 dari 4 halaman

INFOGRAFIS: Deretan Gempa Terbesar di Indonesia dalam 5 Tahun Terakhir

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.