Sukses

5 Cara Ampuh Bantu Kurangi Pembengkakan di Wajah dan Kaki

Nah, penasran apa saja cara yang membantu mengurangi pembengkakan di wajah dan kakimu?

Liputan6.com, Jakarta - Pembengkakan di wajah, tangah dan kaki bisa menjadi masalah serius. Berbagai bagian tubuh yang bengkak terlihat tidak sehat dan sangat tidak nyaman. 

Untuk itu, Anda perlu berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasinya. Namun, selain ke medis, Anda juga perlu melakukan hal-hal mendasar yang bisa Anda terapkan dalam aktifitas harianmu.

Nah, penasran apa saja cara yang membantu mengurangi pembengkakan di wajah dan kakimu? Berikut ulasannya seperti melansir dari Bright Side, Kamis (30/12/2021).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Konsumsi tidak lebih dari satu sendok gula sehari

Spesialis mengatakan bahwa Anda tidak perlu mengkonsumsi gula untuk menjaga gula darahmu pada tingkat normal. 

Kelebihan glukosa membuat wajah dan matamu terlihat bengkak. Sebenarnya, tubuh kita dirancang untuk hanya memiliki 1 sendok teh gula sehari. 

 

3 dari 6 halaman

2. Jangan minum air panas

Air hangat meningkatkan sirkulasi darah dan mempercepat pencernaan. Ini memperbesar pembuluh darahmu dan lebih banyak oksigen mencapai seluruh bagian tubuhmu. Akibatnya, tubuhmu menjadi kurang bengkak. 

Tapi jangan minum air yang terlalu panas. Para ahli mengatakan itu memiliki efek sebaliknya dan membuat sendimu membengkak.

4 dari 6 halaman

3. Minum air lemon untuk kaki bengkak

Lemon adalah agen anti-inflamasi yang kuat. Mereka bisa membantumu memperbaiki jaringan yang rusak dan mengurangi pembengkakan. 

Mereka sangat baik untuk penyakit inflamasi seperti radang sendi dan secara umum, menjadi metode yang sangat efektif untuk memerangi pembengkakan.

Cobalah minum air dengan lemon setiap hari dan terus lakukan secara sistematis.

5 dari 6 halaman

4. Suhu rumah yang tepat

Ada risiko pembengkakan karena panas dan kelembapan. Pastikan suhu rumahmu baik-baik saja dan tidak membahayakan tubuhmu. 

Pembengkakan terjadi ketika suplai darah ke kulit meningkat dan Anda merasa dehidrasi dan bengkak pada saat yang bersamaan.

6 dari 6 halaman

5. Gunakan sepatu yang tepat

Jika Anda mengenakan sepatu datar yang memberikan sedikit dukungan pada lengkunganmu, maka Anda mengalami peradangan pada plantar fasciamu. 

Hindari sepatu datar dan pilih jenis sepatu yang menopang lengkungan dan tumitmu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.