Sukses

Sering Diabaikan, 5 Dampak Buruk Mengeringkan Wajah dengan Handuk

Meski mengeringkan wajahmu dengan handuk menjadi hal lumrah, tapi pada kenyataannya, itu bisa lebih berbahaya daripada baik.

Liputan6.com, Jakarta - Anda pasti berpikir dudukan toilet menjadi barang yang paling banyak mengandung bakteri di rumahmu, tapi ternyata tidak. 

Faktanya, handukmu yang paling banyak mengandung bakteri dan jika Anda menggunakannya untuk menyeka wajah, itu akan merugikan kulit wajahmu.

Meski mengeringkan wajah dengan handuk menjadi hal lumrah, tapi pada kenyataannya, itu bisa lebih berbahaya daripada baik. 

Berikut beberapa efek pada kulit yang terjadi jika Anda menyeka wajah dengan handuk, seperti melansir dari Bright Side, Senin (27/12/2021).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Menyebabkan jerawat

Mengeringkan wajah dengan handuk yang sama dengan yang Anda gunakan untuk mengeringkan tubuh bisa merusak kulit lebih dari yang Anda kira. 

Handuk adalah perangkap bakteri yang hebat. Banyak dari Anda bahkan menyimpannya di kamar mandi, di mana udaranya lembab dan handuk menciptakan lingkungan yang sempurna bagi bakteri untuk tubuh.

Saat Anda menggosok handuk di wajahmu, Anda memindahkan semua bakteri ini langsung ke kulitmu, yang pada akhirnya bisa menyebabkan jerawat dan pori-pori tersumbat.

Bahkan, jika Anda menggunakan handuk terpisah untuk wajah daripada yang Anda gunakan untuk mengeringkan tubuh, kemungkinan besar Anda tidak mencucinya setiap hari. Bakteri yang tidak diinginkan masih bisa masuk ke kulitmu.

 

3 dari 6 halaman

2. Kulit menua lebih cepat

Handuk mandi dari kain terry terlalu kasar di wajahmu dan menggunakannya bisa membuat robekan kecil di kulitmu sehingga membuatnya rentan terhadap infeksi dan kerutan. 

Semakin sering Anda mencuci handuk, semakin rapuh kainnya dan gesekan yang ditimbulkannya bertindak sebagai pengelupas yang terlalu banyak untuk kulitmu.

4 dari 6 halaman

3. Menurunkan khasiat produk perawatan kulit

Meski mengeringkan wajah setelah dicuci tampak menjadi hal wajar untuk dilakukan. Pada kenyataannya, hal itu tidak akan membuat kulitmu mendapatkan hasil maksimal dari produk yang Anda aplikasikan. 

Pelembabmu akan menembus kulit dengan lebih baik sebelum semua air menguap dari permukaannya.

Melewatkan mengeringkan wajah dengan handuk akan memungkinkan produk perawatan kulitmu mengunci kelembapan yang dibutuhkan kulitmu agar terlihat awet muda dan bercahaya.

5 dari 6 halaman

4. Mengiritasi kulit

Jika Anda memiliki kulit sensitif, menggunakan handuk bukanlah pilihan terbaik untuk mengeringkan wajah. 

Karena sebagian besar kain handuk bisa terlalu keras pada kulit, menyeka wajahmu dengan handuk malah bisa menyebabkan kulit kemerahan dan iritasi.

6 dari 6 halaman

5. Membuat kulit berminyak

Mengeringkan wajah dengan handuk sebenarnya bisa membuat kulit lebih berminyak. Karena handuk kasar bisa menghilangkan minyak alami yang dibutuhkan kulitmu untuk tetap sehat, kelenjar sebaceous di bawah permukaan kulit harus menghasilkan lebih banyak minyak untuk mengimbangi kekeringan, yang akan menghasilkan kulit yang terlalu berminyak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.