Sukses

Doa untuk Kedua Orangtua yang Bisa Kalian Panjatkan di Hari Ibu

Berikut adalah doa untuk orangtua yang bisa kalian dipanjatkan di Hari Ibu.

Liputan6.com, Jakarta Hari ini Rabu tanggal 22 Desember diperingati sebagai Hari Ibu nasional. Hari Ibu ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden Indonesia Nomor 316 Tahun 1959. Saat itu Soekarno memandang penting untuk memperingati semangat wanita Indonesia guna meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara.

 

Namun seiring waktu, peringatan tersebut berubah menjadi perayaan untuk menghargai peran seorang ibu. Umumnya orang memberikan ucapan ata hadiah kepada ibu sebagai ungkapan cinta mereka kepada ibunda.

Tapi tak hanya itu, rupanya ada hal lain yang lebih baik dilakukan kerika memperingati Hari Ibu yaitu dengan mendoakan sang ibu agar selalu mendapat kebaikan. Dalam agama Islam, ada doa yang ditujukan khusus kepada ibu bahkan orangtua.

Banyak manfat doa, salah satunya doa yang dipanjatkan kepada Allah dengan tulus bisa mendatangkan rahmat. Bahkan, dengan doa disertai mengingat Allah maka akan mendapat kemudahan menghadapi kesulitan hidup. Berikut adalah doa untuk ibu yang bisa kalian dipanjatkan di Hari Ibu.

"Rabbighfir lī wa li wālidayya warham humā kamā rabbayānī shaghīrā."

Artinya: "Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orangtuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Doa untuk Ibu yang Sudah Meninggal

Allahummaghfir lahaa warhamhaa wa 'asfihaa wa fu'anhaa wakrim nudzulahaa wawasi' mudholahaa wagsilhaa bilmaai watsalji wal barodi wanaqqohaa min khotooyaa kamaa naqoitats tsaubal abyado minad danasi wabdilhaa daarol khoiron min daarihaa eaahlan khoiron min ahlihaa wajaudzan khoiron nin jaudzihaa waadhilnaj jannata wa a'idzahaa min adzaabil qobrii au min adzabin naar.

Artinya: "Ya Allah, ampunilah dia, berilah rahmat kepadanya, selamatkanlah dia, maafkanlah dia dan tempatkanlah di tempat yang mulia (surga), luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air salju dan air es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran, berilah rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), berilah keluarga yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), pasangan yang lebih baik daripada pasangannya (di dunia), dan masukkan dia ke surga, jagalah dia dari siksa kubur dan neraka."

3 dari 3 halaman

Infografis Hari Ibu

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.