Sukses

5 Tips untuk Move On dari Hubungan yang Beracun

Berikut ini beberapa cara yang dapat diterapkan untuk move on dari hubungan yang beracun

Liputan6.com, Jakarta Berada dalam hubungan beracun bukanlah hal yang menyenangkan. Ini seperti berada di roller-coaster euforia, rasa sakit, frustrasi. Para ahli mengatakan hubungan yang tidak memuaskan ini mendambakan koneksi hanya untuk menghadapi kekecewaan, penolakan, atau sakit hati berulang kali.

Dikutip dari TimesofIndia, Dr Vihan Sanyal, psikoterapis, mengatakan bahwa ketika seseorang berada dalam hubungan seperti itu, mereka merasa tidak dicintai, tidak didukung, merasa terjebak, dikendalikan, disalahpahami dan menjadi bahan ejekan terus-menerus atau dibuat merasa kecil.

Upassna B Sing, seorang life coach dan mentor mengatakan bahwa toxic relationship seperti ikatan obsesif yang paling utama yang juga dikenal sebagai ikatan trauma di mana pasangan merasa tidak mungkin untuk melepaskan diri dan memberantas siklus yang tampak gila. Ikatan traumatis ini lebih kuat daripada ikatan manusia biasa yang menonjolkan kecanduan karena penguatan yang tidak konsisten baik-buruk.

"Peringatan penting adalah, hubungan beracun secara langsung terkait dengan stres emosional dan mental kronis yang memunculkan perasaan rendah diri, ketakutan, kecemasan, depresi, paranoia, ketidakamanan, ketidakberdayaan, dan bahkan narsisme," tambahnya.

Dia menyatakan bahwa hubungan ini berbahaya bagi kesehatan mental seseorang dan bahkan dapat mengancam jiwa.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Bagaimana menghadapi akibat dari hubungan yang beracun

Ketika seseorang keluar dari hubungan beracun, mereka mengalami suatu bentuk kilas balik spontan yang membawa kenangan mengganggu yang tak terbayangkan dari peristiwa traumatis yang menjadi penyebab kekhawatiran dalam kehidupan sosial seseorang.

Upassna berkata, “Setelah kejadian itu, ingatan yang mengganggu ini muncul dalam pikiran tanpa sadar, berulang dan dapat menimbulkan tekanan emosional yang signifikan dalam diri seseorang. Hasil dari berhenti dari hubungan beracun dapat menyebabkan seseorang memunculkan karakteristik beracun mereka sendiri yang secara meyakinkan dapat membahayakan kesejahteraan dan prospek masa depan mereka."

Tak hanya itu, orang-orang yang keluar dari hubungan beracun dengan beban berat, ada kemungkinan mereka mengembangkan gangguan pasca-trauma (PSTD). Dan orang-orang dengan kondisi seperti itu secara kronis terjerat dalam menyalahkan diri sendiri di mana kita menyalahkan diri sendiri dengan mengingat saat-saat indah melupakan manipulasi yang berkepanjangan, gaslighting, kontrol yang menyiksa, dan isolasi.

"Menyalahkan diri sendiri dapat bertindak sebagai mekanisme pertahanan karena kita sering menggunakannya untuk menutupi gejolak dan luka internal kita, tetapi kita harus mengakui diri sendiri bahwa menyalahkan diri sendiri menghilangkan keaslian kita dan itu adalah bentuk racun itu sendiri,” imbuhnya.

 

Berikut ini beberapa tips yang akan membantu Anda mengatasi akibat dari hubungan yang beracun yang pernah dialami:

 

3 dari 7 halaman

1. Pertahankan sistem pendukung yang kuat.

Lakukan upaya sadar untuk mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang tepat, positif, dan membangkitkan semangat yang dapat melakukan upaya yang bertanggung jawab untuk mendorong Anda menaklukkan impian dan memuji kemenangan Anda.

 

4 dari 7 halaman

2. Melakukan kegiatan positif

Tanyakan pada diri sendiri kegiatan mana yang benar-benar dapat menambah nilai dalam hidup Anda dan dengan sengaja memberi ruang untuk hal-hal tersebut. Cobalah melakukan beberapa aktivitas fisik yang dapat membantu memberi energi pada tubuh Anda.

Latih pernapasan dalam dan buat konsep kesadaran terfokus pada tubuh, pikiran, dan perasaan Anda. Anda juga bisa mencoba menulis jurnal pikiran yang secara mental akan melepaskan semua racun yang menumpuk di pikiran Anda. Jangan takut untuk menuliskan apa yang telah Anda alami.

 

5 dari 7 halaman

3. Temukan kembali diri Anda

Lakukan ini jika Anda merasa tidak senang dengan pikiran internal negatif Anda untuk diri sendiri. Saatnya untuk mengevaluasi kembali di mana Anda merasa bagian terbaik dari diri Anda telah hilang. Pikiran memengaruhi perasaan dan perilaku Anda.

Ini memberi Anda kekuatan untuk menjadi sesuatu yang terpenuhi dengan sendirinya. Lakukan dialog batin yang positif yang akan mencegah Anda dari pikiran-pikiran negatif yang membawa bencana.

 

6 dari 7 halaman

4. Latihlah welas asih terhadap diri sendiri

Bersabarlah terhadap diri sendiri dan secara aktif lakukan sesuatu yang akan membantu Anda meringankan penderitaan Anda sendiri. Berhentilah menilai diri sendiri secara negatif dan mulailah mengakui pengalaman batin Anda.

Mulailah memupuk kebajikan terhadap diri Anda sendiri dan berbagi rasa sakit Anda sendiri akan lebih mungkin untuk menjaga pola pikir berkembang dan membantu Anda melewati pengalaman sulit.

Mempraktikkan self-compassion membantu memfasilitasi kekuatan psikologis selama masa-masa sulit dan membangun kekuatan batin Anda untuk tantangan di masa depan.

 

7 dari 7 halaman

5. Carilah bantuan profesional

Jangan takut atau merasa malu untuk berbagi cerita Anda dan mintalah nasihat dari seorang profesional terutama jika itu mempengaruhi emosi dan perilaku Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.