6 Kebiasaan Keuangan Cerdas yang Harus Diterapkan Tiap Wanita

Oleh Sulung Lahitani pada 13 Des 2021, 18:31 WIB
Diperbarui 13 Des 2021, 18:31 WIB
6 Masalah Cinta Ini Kerap Bikin Milenial Galau, Yuk Cari Solusinya!
Perbesar
Ilustrasi pasangan yang sedang menghadapi masalah keuangan.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki tabungan sendiri sangat penting terutama jika Anda seorang wanita. Anda harus tahu cara menabung dan menginvestasikan uang agar Anda selalu memiliki sesuatu untuk waktu terdesak.

Terlebih, saat ini makin banyak wanita mandiri yang tidak ingin bergantung pada suaminya. Di sisi lain, makin banyak pula wanita yang melek finansial. Sudah menikah ataupun tidak, wanita seharusnya memiliki kebiasaan keuangan yang cerdas.

Seperti apa kebiasaan-kebiasaan tersebut? Ini dia.

1. Minimalkan penggunaan kartu kredit

Beralih ke kartu debit di mana pun Anda bisa sehingga Anda memiliki gagasan instan tentang berapa banyak uang yang tersisa di akun Anda.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


2. Jangan buang waktu

Ilustrasi pasangan diskusi keuangan.
Perbesar
Pasangan mendiskusikan soal uang/finansial. (Foto: pexels.com)

Hentikan sikap menunda-nunda melakukan sesuatu terkait perencanaan keuangan. Lakukan sekarang.

Sisihkan setidaknya 10% dari gaji Anda untuk ditabung. Jika Anda bisa, masukkan sedikit lebih banyak tetapi mulailah sekarang, tidak peduli berapa banyak yang Anda dapatkan.

 


3. Belanja impulsif

Proteksi Diri dengan Mudah Mulai dari Tabungan Finansial Yang Cocok Bagi Kaum Millenial
Perbesar
Ilustrasi mengurus keuangan (pexels.com/Karolina Grabowska)

Jika Anda menikmati belanja impulsif maka sudah saatnya Anda mengendalikannya. Itu hanya memberikan kebahagiaan sesaat tetapi berbahaya untuk keuangan Anda.

Buat daftar semua yang benar-benar Anda butuhkan dan patuhi itu. Jika Anda benar-benar ingin melakukan terapi ritel, pergilah ke pasar seperti pasar tradisional, toko barang bekas lokal, dll.

 


4. Investasi

Tahun 2022 di Depan Mata, Bekali Diri dengan Kondisi Fisik dan Finansial yang Sehat
Perbesar
Ilustrasi asuransi kesehatan.

Berapa pun gaji yang Anda dapatkan, simpanlah untuk tujuan investasi. Buka SIP, PPF, polis asuransi, dll. Jika Anda menyukai emas, belilah dari merek emas besar yang terpercaya dan kemudian di akhir siklus, belilah sesuatu yang dapat Anda pakai atau beli sebagai investasi.

 


5. Penganggaran

Finansial
Perbesar
Ilustrasi Finansial | pexels.com/@cottonbro

Buat anggaran mingguan atau bulanan dan patuhi itu. Kelola semua pengeluaran Anda dalam anggaran itu. Tuliskan semuanya sehingga Anda tahu ke mana perginya uang Anda dan untuk apa saja Anda membelanjakannya.

 


6. Pastikan Anda memiliki dana darurat.

Kemandirian Finansial
Perbesar
Ilustrasi Pasangan Credit: pexels.com/Elen

Bahkan ketika Anda mendapat pemasukan dadakan dari bonus kantor atau lainnya, alih-alih menggunakan uang itu, jadikan itu bagian dari dana darurat Anda. Anda akan sangat bersyukur di kemudian hari bila telah memiliki dana darurat.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya