Sukses

Cegah Anemia, 5 Makanan Ini Mengandung Zat Besi yang Tinggi

Berikut beberapa makanan sehat dan alami yang dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan zat besi agar terhindar dari anemia.

Liputan6.com, Jakarta Pikiran yang sehat berada dalam tubuh yang sehat. Untuk menjaga diri sendiri bahagia, penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Kekurangan zat besi adalah kejadian umum dan menjadi tak terelakkan setelah usia tertentu. Namun, tidak disarankan untuk menerimanya dan tidak melakukan apa pun terhadapnya. Kekurangan zat besi mengacu pada kurangnya sel darah merah yang sehat dalam tubuh karena hemoglobin turun.

Kekurangan zat ini sangat umum, terutama di kalangan wanita ketika mereka mulai menstruasi, selama kehamilan atau ketika mereka mendekati menopause. Gejala yang paling umum dari kekurangan zat besi adalah kelelahan kronis, periode tertunda atau terlalu berat, nyeri dada, sesak napas, pusing, tangan/kaki dingin, dan pucat, bahkan anemia.

Meskipun berbagai macam suplemen sekarang tersedia di pasaran, berikut adalah beberapa makanan yang akan membantu Anda mengatasi kekurangan zat besi dalam makanan Anda secara alami.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Kacang Polong

Kacang polong sangat kaya akan zat besi dan dalam porsi kecil dapat memberi Anda 26-29% zat besi yang dibutuhkan tubuh. Oleh karena itu memasukkannya ke dalam diet Anda secara teratur dapat memecahkan masalah kekurangan zat besi Anda secara efisien dan lengkap. 

3 dari 6 halaman

2. Daging Organ

Hati, ginjal, otak dan jantung, semua jeroan merupakan sumber yang kaya zat besi. Hati adalah sumber zat besi yang sangat kaya dan porsi kecil hati sapi dapat memberikan 36% zat besi yang dibutuhkan seseorang dalam sehari.

4 dari 6 halaman

3. Gula Merah

Gula merah adalah sumber gula nabati yang sangat baik untuk tubuh. Memasukkan sebagian kecil gula merah dalam diet harian Anda dapat sangat membantu kekurangan zat besi.

Meskipun satu porsi gula merah sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan zat besi harian Anda, mengganti gula putih biasa dengannya dapat membantu menambahkan lebih banyak zat besi ke dalam makanan Anda dan juga merupakan alternatif yang sehat.

5 dari 6 halaman

4. Kismis yang Direndam

Kebanyakan buah-buahan kering merupakan sumber zat besi dan kismis yang baik, terutama yang kaya, tembaga, dan vitamin yang merupakan bagian integral dari pembentukan sel darah. Merendam delapan sampai sepuluh kismis dalam air semalaman dan memakannya keesokan harinya dapat sangat membantu kesehatan darah.

6 dari 6 halaman

5. Bayam

Bayam benar-benar bekerja sangat baik untuk otot dan kesehatan Anda secara keseluruhan. Ini mengandung zat besi dalam jumlah tinggi dan mengonsumsinya sebagai sayuran dua kali seminggu atau mengonsumsinya dalam bentuk lain terbukti menjadi sumber zat besi yang baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.