Cegah Diabetes pada Anak, Lakukan Kebiasan Sederhana Ini

Oleh Liputan6.com pada 10 Des 2021, 16:05 WIB
Diperbarui 10 Des 2021, 16:05 WIB
Waspada! Diabetes Kini Mulai Serang Anak-Anak, Ini Penyebabnya
Perbesar
Dokter temukan kasus diabetes melitus tipe 2 pada anak-anak. Ketahui penyebabnya. (pexels/artempodrez).

Liputan6.com, Jakarta Perubahan sederhana dalam gaya hidup bisa mencegah timbulnya diabetes tipe 1. Pencegahan bahkan lebih penting ketika Anda berada pada peningkatan resiko karena obesitas, kolesterol tinggi atau riwayat keluarga diabetes.

Diabetes tidak hanya menyerang orang dewasa tapi juga anak-anak. Untuk anak-anak orang tua dapat melakukan banyak hal untuk pencegahannya. Anda dapat membiasakan pola hidup sehat sejak dini. Ini karena anak-anak belajar dari apa yang mereka lihat.

Dikutip dari Times Of India, berikut langkah sederhana yang bisa Anda praktekkan guna mencegah diabetes pada anak-anak:

Kelola Berat Badan

Jika anak Anda kelebihan berat badan, menurunkan berat badan dapat membantunya mengurangi risiko diabetes. Bicaralah dengannya dan buat dia mengerti mengapa menurunkan berat badan itu penting untuk menjaga kesehatannya.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tetap Aktif

4 Jenis Mainan Pintar untuk Mengasah Otak Serta Motorik Anak Usia 1 Hingga 2 Tahun
Perbesar
Ilustrasi anak bermain bola (pexels.com/Allan Mas)

Zaman sekarang, anak-anak sebagian besar terpaku pada layar. Apalagi, pandemi membuat aktivitas fisik mereka semakin berkurang.

Berjalan-jalan, bermain bola dengan mereka, ajaklah bermain permainan fisik yang mereka sukai. Anak-anak membutuhkan setidaknya 60 menit aktivitas fisik setiap hari.

 


Kurangi Gula

Waspada! Diabetes Kini Mulai Serang Anak-Anak, Ini Penyebabnya
Perbesar
Dokter temukan kasus diabetes melitus tipe 2 pada anak-anak. Ketahui penyebabnya. (pexels/erenli).

Anak-anak suka makanan manis. Tetapi Anda harus mengawasinya dan membatasi asupan gula mereka. Jangan berikan mereka permen, jus, dan makanan olahan lainnya sebagai camilan sepanjang waktu.

Tawarkan Cemilan Sehat

Fokus memberi mereka buah-buahan dan cemilan sehat lainnya sejak usia dini. Pastikan untuk memperkenalkan satu makanan pada satu waktu, sehingga mereka dapat mengembangkan rasa untuk itu.


Batasi Waktu Layar

Balita Maksimal Main HP 1 Jam Per Hari
Perbesar
Anak usia nol hingga lima tahun sebaiknya memaksimalkan perkembangan motorik. Sehingga baiknya bermain ponsel maksimal satu jam per hari. (Foto: www.parents.com)

Terlalu banyak waktu layar baik televisi ataupun handphone dapat menyebabkan masalah mata, masalah tidur dan aktivitas fisik yang lebih rendah.

Makan Malam Tepat Waktu

Makan malam, pada kenyataannya, semua makanan pada waktu yang tepat adalah cara yang bagus untuk menjaga kadar gula darah tetap terkendali. Matikan televisi dan hindari gangguan lain saat makan.

 

Penulis:

Ulwanul Askan

UIN Jakarta

 
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya