Sukses

Varian Covid-19 Omicron dan Delta, Begini Cara Membedakan Keduanya

Berikut ini cara membedakan varian Covid-19 Omicron dengan varian Delta

Liputan6.com, Jakarta Varian COVID-19 baru telah mulai mendatangkan malapetaka di seluruh dunia. Menyusul lonjakan tiba-tiba dalam jumlah kasus Omicron, beberapa negara telah memperbarui pedoman COVID mereka, memberlakukan penguncian dan mendesak semua orang untuk mengikuti langkah-langkah pencegahan.

Mengingat Indonesia sebelumnya telah berjuang dan selamat dari sebaran varian mematikan, para ahli sekarang khawatir tentang varian COVID baru yang dikatakan sangat menular. Delta dan Omicron keduanya telah dinyatakan sebagai 'varian yang menjadi perhatian' oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Namun, belum terlihat apakah yang satu lebih parah dan berbahaya dari yang lain.

Dapatkah Omicron menyebabkan kekacauan seperti varian Delta

Kita menyaksikan hilangnya nyawa secara tragis selama puncak penyebaran varian Delta pada Juni-Agustus lalu. Banyak yang kehilangan nyawa, sementara yang lain terus menanggung dampak buruk dari infeksi.

Varian Delta, yang dikatakan telah mendorong gelombang kedua, masih merupakan strain yang dominan dan terus menginfeksi banyak orang. Varian ini pertama kali ditemukan di India dan kini telah menyebar ke banyak negara. Mengingat masih sedikit yang diketahui tentang Omicron, para ahli telah memperingatkan pemerintah akan bahaya peningkatan kembali kasus Covid bila tidak segera diambil tindakan.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bagaimana perbandingan kedua varian tersebut?

Meskipun tidak ada yang tahu seberapa parah varian B.1.1.529 yang baru, para ilmuwan dan dokter menyarankan itu bisa sangat menular. Melihat lonjakan jumlah kasus COVID yang tiba-tiba dalam rentang waktu yang begitu singkat, varian tersebut diyakini sangat mudah menular.

Mengutip dari TimesofIndia, hasil pengurutan genom mengungkapkan bahwa varian Omicron lebih banyak bermutasi dibandingkan dengan varian Delta. Dikatakan varian ini memiliki lebih dari 30 mutasi pada protein lonjakan itu sendiri dibandingkan dengan 18 yang ditemukan di Delta. Ini diyakini membuat varian COVID baru tersebut kebal terhadap antibodi yang diinduksi vaksin, yang mengarah ke lebih banyak infeksi terobosan.

 

3 dari 5 halaman

Gejala Omicron 'ringan' sejauh ini

Sejauh menyangkut gejala, laporan awal yang diungkapkan oleh Dr Angelique Coetzee, Ketua Asosiasi Medis Afrika Selatan, yang juga merupakan orang pertama yang menemukan varian Omicron, menunjukkan bahwa gejala Omicron 'tidak biasa' tetapi ' cukup ringan.

Menurut dokter itu, individu yang terinfeksi Omicron hanya melaporkan gejala ringan seperti kelelahan, sakit tubuh dan tenggorokan "gatal" daripada sakit tenggorokan. Tidak ada kasus hidung tersumbat dan hilangnya indera penciuman atau perasa, dan mereka yang terkena strain baru tidak mengeluhkan suhu tinggi. Sebagian besar waktu, gejalanya menjadi lebih baik dengan sendirinya, katanya.

Sementara varian Delta juga dapat memicu gejala ringan, dengan demam, kelelahan dan batuk menjadi beberapa tanda yang paling umum, ada populasi besar yang mengalami gejala yang sangat parah, beberapa memerlukan rawat inap, bahkan perawatan ICU. Di sisi lain, hingga saat ini, belum ada kasus Omicron yang parah.

 

4 dari 5 halaman

Pentingnya Vaksinasi 

Vaksin COVID-19 telah berhasil mengurangi keparahan penyakit. Sementara orang yang telah menerima kedua suntikan mereka terus rentan terhadap virus, implikasinya dikatakan lebih ringan, dengan kasus rawat inap dan kematian yang sangat jarang.

Meskipun terlalu dini untuk berspekulasi apa pun, dengan 30+ mutasi pada protein lonjakan, para ahli mengklaim bahwa Omicron memiliki kemampuan untuk menghindari kekebalan, baik dari vaksin maupun infeksi alami.

Perusahaan pembuat vaksin telah menjadi yang terdepan, mengklaim untuk mengembangkan versi terbaru dari versi yang ada. Para ahli percaya bahwa tindakan di masa depan akan melibatkan 'menyesuaikan' vaksin COVID-19 yang tersedia.

5 dari 5 halaman

Infografis jurus Indonesia tangkal varian Omicron

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.