Sukses

5 Manfaat Cokelat yang Belum Diketahui Ini Membantu Hidupmu Jadi Lebih Baik

Berikut ini manfaat cokelat bagi kesehatan yang dapat membantu hidup menjadi lebih baik

Liputan6.com, Jakarta Semua orang menikmati makan cokelat dari waktu ke waktu, tetapi hanya sedikit yang menyadari manfaat kesehatan substansial yang disediakan kakao bagi tubuh. Kakao dibuat dari biji cokelat yang dihancurkan dan dihilangkan lemaknya.

Ini pertama kali digunakan oleh bangsa Maya dan kemudian diperkenalkan ke Eropa, di mana ia digunakan sebagai obat pada masa itu. Lalu, apa saja manfaat cokelat untuk kesehatan? Dihimpun dari Brightside, ini dia jawabannya.

1. Dapat meredakan kram menstruasi

 

Untuk meredakan nyeri kram menstruasi secara alami, makan cokelat hitam adalah solusi yang tepat. Cokelat hitam mengandung magnesium yang dapat meredakan kram tersebut.

Tubuh Anda membutuhkan magnesium agar tetap sehat. Jika Anda mengalami rasa sakit di area seperti pinggul, paha, dan perut, magnesium dalam cokelat adalah solusi cepat untuk menenangkan otot-otot rahim Anda.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Ini dapat menurunkan kemungkinan obesitas

Jika Anda mengira kakao menyebabkan kenaikan berat badan, Anda akan terkejut. Kecuali Anda mengonsumsi cokelat hitam dalam jumlah banyak, dosis yang sehat sebenarnya membantu mengendalikan berat badan Anda.

Kakao termasuk fitonutrien, yaitu zat yang berasal dari tumbuhan dan sangat menyehatkan. Kakao juga rendah lemak dan gula serta sangat bagus untuk meningkatkan tingkat energi Anda dan sekaligus membuat Anda merasa kenyang. Jadi, jika Anda menginginkan solusi penurunan berat badan yang sehat tanpa merasa lapar sepanjang waktu, cokelat hitam adalah jawabannya.

 

3 dari 5 halaman

3. Dapat membantu penderita asma dan alergi

Asma bisa menakutkan dan mengancam jiwa, tetapi jangan khawatir — akan selalu ada sesuatu yang dapat Anda lakukan untuk menghindari keraguan Anda tentang asma. Kakao mengandung dua senyawa khusus yang disebut theobromine dan theophylline, yang keduanya dianggap anti asma.

Yang pertama, theobromine, membantu meringankan saluran udara di paru-paru Anda dan melindungi dari kanker paru-paru karena menurunkan risiko alergi; sementara teofilin membantu saluran udara Anda rileks dan memiliki kualitas anti-inflamasi.

 

4 dari 5 halaman

4. Ini dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh

Kakao sangat bagus untuk meningkatkan kekebalan Anda karena memiliki kualitas antioksidan yang meningkatkan aliran darah, membuat usus Anda lebih sehat, dan menenangkan Anda - dan sebagai hasilnya, Anda akan merasa kurang stres.

Ada juga kandungan flavonol. Ini membantu menurunkan tekanan darah, mencegah pembekuan darah, dan mengurangi peradangan.

 

5 dari 5 halaman

5. Dapat bermanfaat bagi gigi dan kulit

Kakao sangat bagus untuk melindungi gusi Anda dari gigi berlubang dan kerusakan gigi. Ini mengandung polifenol yang membantu melawan asam yang menyerang email gigi Anda (zat putih yang menutupi gigi).

Kakao tidak hanya membantu gigi Anda tetap sehat, tetapi juga bagus untuk kulit Anda. Anda mungkin percaya bahwa cokelat menyebabkan jerawat, tetapi itu adalah mitos yang terbukti.

Bahkan, itu benar-benar dapat bermanfaat bagi kulit Anda. Ini dikhususkan untuk perlindungan matahari dan hidrasi keseluruhan kulit Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.