Sukses

Kerap Dibuang Sia-Sia, 6 Biji Buah Ini Bantu Tingkatkan Kesehatan Tubuh

Selain buahnya, nyatanya mengonsumsi bijinya juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta - Buah-buahan sangat penting dikonsumsi. Selain lezat dan manis, mereka juga dikemas dengan berbagai macam nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh. 

Selain buahnya, nyatanya mengonsumsi bijinya juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan.

Nah, penasaran biji buah apa saja yang memiliki manfaat untuk kesehatan fisik dan mental? Berikut ulasannya, seperti melansir dari Bright Side, Senin (6/12/2021).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Biji semangka untuk kulit yang lebih baik

Semangka menjadi salah satu buah yang difavoritkan banyak individu. Namun, banyak dari kita akan membuang bijinya sebelum memakan buah segar ini. 

Padahal, biji semangka penuh dengan vitamin C dan antioksidan yang digunakan untuk mengobati jerawat dan membantu mendapatkan kulit lebih baik secara keseluruhan.

Cara memakan bijinya, Anda bisa memanggang biji semangka dan ditambahkan sedikit garam sebelum memasukkannya ke oven. Namun, tidak ada salahnya memakannya langsung dari buahnya karena mudah dicerna.   

 

3 dari 7 halaman

2. Biji papaya untuk sistem pencernaan yang sehat

Selain rasanya yang enak, papaya adalah buah yang bergizi dan manfaatnya sudah tidak diragukan lagi. Seperti buah lainnya, kita terbiasa membuag bijinya sebelum memakannya. 

Tak banyak yang tahu, biji papaya kaya akan enzim yang dikenal sebagai papain, yang membantu meningkatkan kemampuan pencernaan.

Faktanya, ini baik untuk sistem pencernaan dan kesehatanmu secara keseluruhan. Anda bisa memakan bijinya secara langsung berbarengan dengan buahnya.

4 dari 7 halaman

3. Biji delima untuk menurunkan berat badan

Buah delima mengandung banyak nutrisi penting untuk tubuh. Di sisi lain, bijinya adalah dosis besar kesehatan yang baik dan bisa membantumu menurunkan berat badan. 

Untuk menikmati manfaat biji delima, pastikan untuk menaburkannya pada makanan penurunan berat badanmu atau dibuat menjadi jus yang sehat.

5 dari 7 halaman

4. Biji alpukat untuk kesehatan jantung

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa biji alpukat sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. 

Untuk memakannya, saat Anda mengiris alpukat, ambil bijinya dank upas kulitnya yang bewarna cokelat sebelum dikeringkan. Lalu masukkan bijinya ke dalam blender hingga berbentuk bubuk yang bisa digunakan sebagai tambahan untuk smoothie atau teh.

6 dari 7 halaman

5. Biji jeruk untuk penambah energi

Jeruk menjadi salah satu buah yang kaya akan manfaat kesehatan. Namun, banyak yang tak tahu bahwa biji jeruk  bisa membantu meningkatkan energi dalam tubuh kita. 

Biji jeruk bisa dikonsumsi saat makan jeruk atau ditambahkan di atas makanan dan minuman untuk penambah energi.

7 dari 7 halaman

6. Biji markisa untuk kesehatan mental

Markisa menjadi buah dengan rasa yang lezat dan manfaat kesehatannya. Namun, siapa yang tahu bahwa bijinya bisa bermanfaat bagi kesehatan kita seperti buahnya.

Telah terbukti bahwa biji markisa kaya akan magnesium, yang bisa membantu individu mengelola tingkat kecemasan mereka. 

Sebenarnya mudah untuk menikmati biji markisa karena Anda bisa memakannya langsung. Salah satu cara lain untuk menikmatinya adalah dengan membuat jus dari buah dengan bijinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.