Sukses

4 Alasan Membandingkan Diri dengan Orang Lain Tak Selamanya Buruk

Berikut ini adalah alasan mengapa membandingkan diri sendiri dengan orang lain dapat bermanfaat bagi kehidupan Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Begitu banyak orang mengatakan bahwa membandingkan diri Anda dengan orang lain itu berbahaya dan sama sekali tidak sehat. Namun, mereka tidak pernah mencoba melihatnya dari perspektif yang berbeda. 

Anehnya, adalah mungkin untuk menemukan individualitas Anda dan bahkan meningkatkan harga diri Anda. Jika tindakan membanding diri dengan orang lain kerap dianggap buruk, cobalah untuk mengubahnya menjadi kebiasaan yang positif.

Seperti yang dikatakan beberapa orang, jika Anda tidak bisa mengalahkan mereka, bergabunglah dengan mereka. Dilansir dari Brightside, berikut ini adalah 4 alasan mengapa Anda tidak boleh membuang kebiasaan membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

1. Memotivasi Diri Anda

Dengan membandingkan diri Anda dengan orang lain, Anda mendapatkan inspirasi dari orang lain dan ini, pada gilirannya, membantu Anda tumbuh. Anda dapat dimotivasi oleh produktivitas atau ketekunan orang lain.

Bandingkan diri Anda dengan orang-orang ini dan cobalah untuk mengambil kebiasaan terbaik mereka. Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan gambaran tentang seberapa banyak upaya yang perlu Anda lakukan untuk memiliki kehidupan yang baik. Anda harus melihat apa yang dilakukan orang sukses lainnya dan belajar dari mereka. Ingatlah bahwa imitasi tanpa berpikir tidak akan berhasil. Pengetahuan yang diperoleh ini harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Anda Belajar untuk Lebih Bersyukur

Ketika kita terus-menerus berusaha untuk menjadi lebih baik, kita cenderung menganggap remeh hal-hal biasa. Untungnya, membandingkan hidup Anda dengan hidup orang lain bisa menjadi praktik rasa syukur yang efektif.

Kesadaran sederhana akan kenyataan bahwa Anda memiliki rumah, tempat tidur, dan makanan, dapat menumbuhkan apresiasi terhadap hidup Anda. Beberapa orang tidak memiliki setengah dari hal-hal yang Anda lakukan, jadi lain kali sebelum Anda pergi tidur luangkan waktu sebentar untuk mengingatkan diri sendiri betapa bahagianya Anda memiliki tempat tidur yang nyaman.

3 dari 4 halaman

3. Membantu Anda Mengatasi Penyesalan

Sebuah studi yang dilakukan oleh Concordia University menemukan bahwa membandingkan penyesalan kita dengan penyesalan orang lain dapat menumbuhkan emosi positif. 104 orang dari berbagai usia mengambil bagian dalam percobaan. Mereka diminta untuk berbagi penyesalan terbesar mereka. Mereka yang merasa bahwa penyesalan orang lain lebih buruk menunjukkan peningkatan emosi positif.

4 dari 4 halaman

4. Membantu Anda Memecahkan Masalah

Membandingkan masalah Anda dengan mereka yang telah melalui apa yang Anda hadapi dapat menghibur dan memotivasi. Kita bahkan dapat membayangkan orang-orang yang kita hormati memberikan nasihat kepada kita, seolah-olah mereka adalah orang tua imajiner kita. Kita dapat mengidentifikasi bagaimana orang lain mengatasi masalah yang sama dan menerapkan beberapa solusi mereka untuk perjuangan kita sendiri. Yang cukup menarik, Anda dapat menghindari masalah sejak awal dengan belajar mengapa orang lain gagal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.