Sukses

6 Tips Mudah Menghilangkan Pikiran Negatif

Pikiran negatif dapat mengganggu ketenangan diri, selalu memikirkan kemungkinan terburuk atau bahkan membuat seseorang stress berkepanjangan.

Liputan6.com, Jakarta Pikiran negatif dapat mengganggu ketenangan diri, selalu memikirkan kemungkinan terburuk atau bahkan membuat seseorang stres berkepanjangan.

Ya, memang konsultasi dan melakukan terapi dengan ahlinya adalah solusi. Namun sebelum itu ada beberapa tips untuk menghilangkan pikiran negatif Anda sendiri. Dilansir dari Times Of India, berikut tips yang bisa Anda coba untuk menghilangkan negative thinking:

1. Menjadi Diri yang Positif

Lihat hal-hal dari sudut pandang yang berbeda, berlatih berbicara dan berpikir hanya yang positif. Lakukan aktivitas dan hobi yang membuat Anda merasa bahagia. Bermeditasi setiap hari dan habiskan waktu bersama keluarga Anda juga. Lakukan percakapan positif dan cobalah menonton konten positif jika Anda kecanduan media sosial.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Membantu orang

Bantu orang sebanyak yang Anda bisa. Itu membuat Anda merasa baik dan meningkatkan suasana hati Anda juga. Ini juga akan menambah portofolio positif Anda.

Ketika Anda menjadi sukarelawan untuk membantu orang, itu juga membantu mengalihkan pikiran Anda dari sekian banyak kekhawatiran. Jadi berlatihlah membantu mereka yang membutuhkan.

3. Berolahraga

Lakukan semacam latihan fisik. Baik itu menari, berolahraga di gym, yoga, dll. Ketika Anda melakukannya, itu melepaskan endorfin yang menempatkan Anda dalam ruang mental yang baik. Selain itu, olahraga membuat Anda bugar jadi tidak ada ruginya.

3 dari 5 halaman

4. Hindari Bergosip

Bergosip adalah untuk mereka yang menilai orang dan melihat sebagian besar negatif pada orang lain. Hancurkan pikiran-pikiran itu jika Anda mendapatkannya. Bergosip hanya merendahkan yang lain dan tidak lain adalah semacam pemikiran negatif yang Anda keluarkan ke alam semesta.

Perlu diketahui, selain tubuh yang harus dijaga kesehatannya, pikiran juga, dengan menghindari pikiran negatif dan selalu berpikir positif bisa membuat tubuh sehat baik jasmana maupun rohani.

 

 
4 dari 5 halaman

5. Pertahankan Lingkungan Positif di Sekitar Anda

Lingkungan kerja atau lingkaran pertemanan yang negatif itu berbahaya, karena bisa menahan Anda sehingga Anda tetap berhenti di satu titik dan tidak berkembang. Jadi, pastikan Anda dikelilingi oleh orang-orang yang lebih positif, memberikan energi positif, selalu mendukung apa yang Anda lakukan dan hal-hal positif yang membangun lainnya.

5 dari 5 halaman

6. Memaafkan

Tidak ada gunanya jika Anda menyimpan dendam. Berlatih memaafkan dan belajar melepaskan. Lanjutkan dan biarkan Karma mengambil jalannya.

 

Penulis:

Ulwanul Askan

UIN Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.