Sukses

Menurut Ahli, Ini 5 Makanan yang Perlu Dihindari Sebelum Naik Pesawat

Berikut deretan makanan yang tidak boleh dimakan sebelum naik pesawat.

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda kebetulan akan lepas landas tidak lama setelah waktu makan siang atau tiba-tiba merasa lapar saat berjalan melewati terminal? Bukan hal yang aneh untuk makan makanan cepat saji sebelum naik pesawat.

Rupanya makan makanan cepat saji sebelum naik pesawat bukanlah pilihan yang baik. Ya, menurut ahli ada beberapa makanan yang patut dihindari sebelum Anda naik pesawat. Dilansir dari Best Life Online berikut deretan makanan yang tidak boleh dimakan sebelum naik pesawat.

Makanan Olahan dan Asin 

Terkadang terasa terlalu menggoda untuk melewatkan makanan yang memanjakan di depan Anda ketika Anda mulai melewati semua stan makanan cepat saji di terminal. 

Tetapi para ahli memperingatkan bahwa makanan asin dan camilan dapat mengganggu sistem pencernaan terutama apapun dengan kandungan lemak tinggi, yang dicerna lebih lambat saat Anda duduk dan dapat menyebabkan mulas. Selain itu, menghindari makanan asin sangat penting untuk alasan lain yaitu agar tetap terhidrasi dengan baik. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kacang-kacangan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kacang-kacangan biasanya dapat menyebabkan gas setelah makan. Tetapi karena cara kerja kabin bertekanan di pesawat, efeknya pada sistem pencernaan Anda bisa lebih buruk setelah Anda benar-benar lepas landas.

3 dari 5 halaman

Brokoli, Kangkung, dan Sayuran Silangan

Gagasan untuk mengambil beberapa sayuran sebelum Anda naik pesawat mungkin tampak seperti cara untuk tetap sehat saat bepergian. Tetapi menurut para ahli, ini sebenarnya bisa menjadi satu-satunya saat di mana Anda mungkin ingin mempertimbangkan sesuatu yang lain.

"Sepiring besar salad raksasa mungkin tampak seperti pilihan terbaik di bandara, tetapi sayuran mentah terutama sayuran seperti kangkung dan brokoli dapat menyebabkan lebih banyak gas," kata Erin Judge, ahli gizi, ahli kesehatan usus, dan pendiri Gutivate.

4 dari 5 halaman

Makanan Pedas

Siapa pun yang biasanya suka menambahkan sedikit cabai ke makanan mereka jarang akan melewatkan kesempatan untuk menyiram piring mereka dengan apa pun yang bisa membuatnya lebih panas. Sayangnya, ini bisa membuat diri Anda tidak nyaman jika Anda memiliki perjalanan pesawat Anda.

"Makanan pedas dapat mengiritasi perut lebih banyak dan menyebabkan gas berlebih dan kembung," kata Paula Doebrich, MPH, ahli gizi diet tersertifikasi kepada Best Life Online. 

"Itu bisa meningkatkan kemungkinan ketidaknyamanan perut yang ekstrem dalam penerbangan. Yang terbaik adalah melewatkan saus pedas sebelum terbang."

5 dari 5 halaman

Permen Karet

Bukan hal yang aneh untuk membawa beberapa batang permen karet favorit Anda untuk membantu telinga Anda menyesuaikan diri dengan perubahan tekanan kabin saat Anda terbang. 

Namun menurut para ahli, mengunyah permen karet saat terbang juga menyebabkan Anda menelan udara, yang bisa menyebabkan rasa kembung pada perut Anda. Ini terutama berlaku untuk produk apapun yang dibuat dengan gula sintetis yang sulit dicerna tubuh dan bahkan mungkin memiliki efek pencahar. Jika Anda ingin menjaga napas tetap segar demi teman duduk Anda, pertimbangkan untuk membeli sebungkus permen sebelum naik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.