6 Keistimewaan Sholat Dhuha, Disediakan Pintu Khusus di Surga

Oleh Liputan6.com pada 07 Des 2021, 09:07 WIB
Diperbarui 07 Des 2021, 09:07 WIB
sholat-kezo
Perbesar
ilustrasi keutamaan bulan Ramadan penuh berkah/pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu kewajiban umat Islam adalah sholat. Namun, tidak hanya sholat yang wajib, Islam juga menganjurkan umatnya untuk melaksanakan ibadah sunnah seperti sholat dhuha. Hal tersebut merupakan cara meningkatkan amal ibadah dan cara meningkatkan akhlak manusia.

Sholat dhuha adalah sholat sunnah yang dikerjakan pada waktu dhuha atau antara waktu setelah matahari terbit hingga sebelum tengah hari.

Sholat dhuha memiliki banyak keistimewaan yang bisa memotivasi untuk mengerjakannya. Penasaran apa saja keistimewaannya? Berikut ulasannya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

1. Diberi Kecukupan dalam Harinya

Ilustrasi sholat hajat
Perbesar
Ilustrasi Sholat Hajat (Sumber: Pixabay)

Sholat dhuha yang dilakukan oleh seseorang di awal hari, menjanjikan tercukupinya rezeki atau kebutuhan seseorang tersebut di akhir hari. Sholat dhuha merupakan sholat yang dilakukan untuk memohon rezeki kepada Allah.

Selain itu, Allah juga berjanji pada setiap umat Islam yang rajin melaksanakan sholat dhuha, berupa dicukupkan apa yang menjadi kebutuhannya, setidaknya kebutuhannya di sore atau di akhir hari. Janji Allah tersebut dapat ditemukan dalam sebuah hadis qudsi, Rasulullah yang artinya:

“Sesungguhnya Allah Azza wa Jalla berfirman: “wahai anak Adam, cukuplah bagiku 4 rakaat di awal hari, maka aku akan mencukupimu di sore harimu.”

Janji Allah ini akan bisa menjadi penyebab hati gelisah dikarenakan kurangnya rezeki yang diperoleh, serta mencegah bahaya putus asa bagi sebagian orang yang tidak diberikan rezeki yang cukup. Sholat dhuha merupakan salah satu perantara agar keinginan cepat terkabul, seperti halnya mengerjakan sholat hajat.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

2. Pahalanya Sama Halnya Sedekah

Hukum Sholat Tarawih
Perbesar
Ilustrasi Waktu Maghrib Credit: pexels.com/Konevi

Mengerjakan sholat dhuha memiliki nilai yang sama seperti nilai amalan seperti keutamaan sedekah. Sedekah yang dimaksud adalah sedekah yang diperlukan oleh 360 persendian tubuh, terlebih jika ikhlas mengerjakannya. Orang Islam yang mengerjakan sholat dhuha akan memperoleh ganjaran pahala sebanyak persendian itu sebagaimana hadits Rasulullah yang artinya:

“Setiap seorang dari kamu terdapat sedekah, setiap tasbih (ucapan subhanallah) adalah sedekah, setiap tahmid (ucapan Alhamdulillah) adalah sedekah, setiap tahlil (ucapan laa ilaha illallah) adalah sedekah, setiap takbir (ucapan Allahu akbar) adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, mencegah dari kemungkaran adalah sedekah. Dan dua rakaat dhuha sebanding dengan pahala semua itu.” 

3. Sholat Dhuha Akan Menggugurkan Dosa

Orang yang rutin melakukan ibadah sholat dhuha akan digugurkan dosanya walaupun dosanya sebanyak buih di lautan, sungguh betapa baiknya Allah. Berikut hadis yang memperkuat hal ini, dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu Rasulullah bersabda:

“Barangsiapa yang menjaga sholat dhuha maka dosa-dosanya diampuni, walaupun dosanya itu sebanyak buih di lautan” (HR. Tirmidzi)

Scroll down untuk melanjutkan membaca

4. Disediakan Pintu Khusus di Surga

Niat Sholat Idul Adha Sendiri
Perbesar
Ilustrasi Membaca Niat Sholat Idul Adha Credit: shutterstock.com

Keistimewaan lain yang dijanjikan Allah bagi orang yang tekun mengerjakan sholat dhuha adalah bahwa dia akan dibuatkan pintu khusus di surga kelak, yakni pintu yang dinamakan pintu dhuha.

Dengan demikian, maka jelaslah bahwa orang yang tekun mengerjakan sholat dhuha memiliki kedudukan yang tinggi di mata Allah, sehingga dibuatkan pintu tersendiri untuk memasuki surga, tidak memandang apakah ia muslim sejak lahir maupun mualaf.

Dalam hadits disebutkan, dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:

“Sesungguhnya di surga ada salah satu pintu yang dinamakan pintu dhuha, bila datang hari kiamat malaikat penjaga surga memanggil, mana ia yang melazimkan shalat dhuha inilah pintu kalian, maka masukilah dengan kasih sayang Allah” (HR. Thabrani).

5. Pahalanya Setara Dengan Haji dan Umroh

Orang yang melaksanakan sholat dhuha dengan tekun, akan mendapatkan pahala haji dan umrah sempurna, seperti disebutkan dalam hadits, dari Anas radhiallahu anhu berkata, Rasulullah bersabda:

“Barangsiapa yang mengerjakan shalat fajar subuh berjamaah, kemudian ia Setelah usai duduk mengingat Allah hingga terbit matahari lalu ia shalat dua rakaat dhuha, Ia mendapatkan pahala seperti pahala haji dan umrah. sempurna, sempurna sempurna.” 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

6. Di Surga Dibangunkan Rumah

[Bintang] Jadwal Sholat, Imsakiyah, dan Buka Puasa Hari ke-7, 23 Mei 2018
Perbesar
Biar nggak ketinggalan, berikut ini jadwal sholat, imsakiyah, dan buka puasa hari ke-7, 23 Mei 2018. (Ilustrasi: ultrahdwalls.com)

Orang yang selalu bersedia meluangkan waktunya untuk melaksanakan sholat dhuha 12 rakaat di awal hari, akan dijanjikan ganjaran oleh Allah berupa sebuah rumah indah yang terbuat dari emas.

Menurut Anas bin Malik yang mendengar bahwa Rasulullah bersabda:

“Siapa saja yang shalat dhuha 12 rakaat, Allah akan membuat sebuah istana yang terbuat dari emas di surga” (HR. Ibnu Majah).

 

Penulis:

Ulwanul Askan

UIN Jakarta

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya