Sukses

4 Alasan Mengapa Anda Harus Ganti Pakaian Setelah Sampai di Rumah

Berikut ini dampak negatif jika Anda tak segera mengganti pakaian saat sampai di rumah usai seharian beraktivitas di luar.

Liputan6.com, Jakarta Ketika Anda akhirnya pulang ke rumah setelah hari yang sibuk di tempat kerja, tentu banyak yang merasa sangat lelah sehingga tidak punya energi untuk mengganti pakaian. Tapi ternyata, kebiasaan ini sama sekali dapat berdampak buruk bagi kesehatan Anda. 

Dilansir dari Brightside, berikut ini adalah dampak negatif jika Anda tak segera mengganti pakaian saat sampai di rumah usai seharian beraktivitas di luar. 

1. Tidak baik untuk pembuluh darah Anda

 

Skinny jeans favorit Anda pasti bisa membuat Anda terlihat menarik, tetapi jika Anda tidak melepasnya saat kembali ke rumah, itu akan berdampak buruk bagi kesehatan Anda. 

Umumnya pakaian yang kita kenakan saat pergi jauh lebih ketat daripada pakaian rumah yang nyaman, dan dapat berdampak negatif pada sirkulasi darah Anda. Pakaian yang ketat dapat memperlambat aliran darah, dan jika Anda memakainya terus-menerus, hal itu dapat membahayakan pembuluh darah Anda.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Anda dapat membawa bakteri ke dalam rumah Anda

Meskipun Anda tidak bisa sakit hanya karena mengenakan pakaian yang sama sepanjang hari, masih ada kemungkinan Anda membawa kuman ke rumah yang dapat menyebabkan berbagai infeksi. 

Beberapa bakteri ini termasuk Acinetobacter yang memicu infeksi pernapasan dan Staphylococcus aureus yang dapat menyebabkan peradangan di berbagai bagian tubuh dan yang resisten terhadap banyak obat.

Meskipun dokter percaya Anda tidak perlu terlalu khawatir membawa bakteri ini ke rumah Anda masih mungkin untuk terpengaruh oleh mereka, dan solusi terbaik adalah langsung mengganti pakaian sesaat setelah sampai di rumah. 

3 dari 4 halaman

3. Dapat menyebabkan jerawat punggung

Jika Anda memiliki jerawat yang mengganggu di bahu atau punggung, Anda mungkin harus melihat lebih dekat bagaimana cara Anda berpakaian. Meskipun pakaian yang terbuat dari kain yang mungkin terlihat menarik, pakaian tersebut tidak membuat kulit Anda bernapas dan menahan panas ke tubuh dan menyebabkan jerawat.

Alasan lain munculnya jerawat di leher atau dada Anda mungkin adalah kebiasaan Anda untuk tetap mengenakan pakaian olahraga begitu Anda tiba di rumah.  Pakaian olahraga dirancang untuk membuat Anda merasa nyaman saat berolahraga, tetapi jika Anda tidak melepasnya setelah sesi olahraga selesai, ini dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan komedo.

4 dari 4 halaman

4. Dapat menyebabkan masalah perut

Celana ketat yang menekan pinggang Anda dapat menyebabkan masalah kesehatan yang jauh melampaui ketidaknyamanan. Pakaian yang menekan perut dapat memicu berbagai masalah pencernaan, termasuk refluks asam, salah satu keluhan usus yang paling umum. Jika Anda tidak bisa melepaskan skinny jeans atau rok pensil favorit Anda, cobalah untuk tidak memakainya setiap hari dan ganti dengan sesuatu yang nyaman segera setelah Anda tiba di rumah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.