Sukses

Pilihan Surat dalam Al-Quran yang Dibaca Rasulullah SAW Saat Sholat 5 Waktu

Sunnah membaca surat selain Al-Fatihah dalam sholat.

Liputan6.com, Jakarta - Sholat lima waktu merupakan kewajiban setiap muslim. Dilaksanakan mulai dari sholat subuh hingga sholat isya.

Salah satu rukun sholat yaitu membaca surat Al-Fatihah dilanjuti dengan sunnah membaca surat dalam Al-Quran selain Al-Fatihah.

Seorang muslim dijumlahkan melakukan sholat wajib dengan jumlah rakaat sebanyak 17 rakaat per-harinya. Namun, dalam pembacaan surat atau ayat sebanyak 10 kali dalam sehari.

Terdapat muslim yang hanya mengulang-ulang surat tertentu saja, tanpa adanya variasi. Berikut dilansir umma, Selasa (30/11/21) surat yang dibaca oleh Rasulullah dalam sholat.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Membaca Surat dalam Al-Quran

1. Sholat Subuh

Rasulullah SAW membaca surah yang berbeda-beda dari Al-Quran saat sholat Subuh. Beberapa riwayat yang shahih menjelaskan bahwa Rasulullah membaca Surat Al-Waqi’ah, Surat At-Takwir, Surat Al-Zalzalah di kedua rakaat.

Beliau juga terbiasa membaca 60 ayat dari surat-surat yang panjang di dalam Quran, seperti Surat Ar-Ruum, Surat Yaasin, dan Surat As-Shaffat. Ketika berpergian, biasanya membaca Surat Al-Falaq dan Surat An-Nisa.

2. Sholat Dzuhur

Rasulullah SAW terbiasa membaca sekitar 30 ayat di dua rakaat pertama sholat dzuhur. Selain itu, beliau membaca Surat At-Tariq, Surat Al-Buruj, dan Surat Al-Lail.

3. Sholat Ashar

Dalam sholat ashar, Rasulullah SAW biasa membaca surat yang dibaca saat sholat Dzuhur. Namun, beliau juga terbiasa membaca sekitar 15 ayat di dua rakaat pertama.

3 dari 4 halaman

Surat yang dibaca Rasulullah SAW

4. Sholat Maghrib

Rasulullah SAW membaca Surat At-Tiin, Surat Muhammad, Surat At-Tuur, Surat Al-A’raaf, dan Surat Al-Anfal di dua rakaat pertama saat sholat maghrib.

5. Sholat Isya

Rasulullah SAW biasa membaca Surat As-Syam, Surat Al-Insyiqaq, dan Surat At-Tiin saat sholat Isya.

 

Penulis: Alicia Salsabila

4 dari 4 halaman

Infografis 4 Indikator Cegah Penularan Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.