Sukses

5 Cara Menghilangkan Kutil dengan Bahan Alami, Mudah dan Aman

Ada beberapa cara paling efektif untuk membasmi kutil dengan bahan alami.

Liputan6.com, Jakarta - Kutil menjadi salah satu masalah kulit yang banyak dikeluhkan individu karena sangat mengganggu. Munculnya kutil disebabkan oleh human papillomavirus, pertumbuhan yang tidak berbahaya ini sering muncul di jari atau tangan.

Teksturnya yang kasar saat disentuh membuat individu juga tidak nyaman dengan keberadaan kutil di tubuh.

Untuk itu, ada beberapa cara paling efektif untuk membasmi kutil dengan bahan alami. Penasaran bagaimana caranya? Berikut ulasannya, seperti melansir dari Bright Side, Kamis (18/11/2021).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Madu

Madu bisa digunakan lebih dari sekedar untuk makanan atau minuman. Nyatanya, madu diklaim ampuh mengobati kutil jahat.

Karena memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri, ini bisa menjadi penghalang yang efektif terhadap infeksi karena viskositasnya yang tinggi.

Jadi, saat anda menutupi kulit dengan madu, Anda menghilangkan semua oksiden dan, akibatnya, kutil akan memudar.

Sangat disarankan untuk menggunakan madu tingkat medis, seperti madu manuka. 

Untuk mengaplikasikannya, pertama-tama oleskan lapisan tebal madul pada kutil. Lalu bersihkan sisa madu di sekitar area tersebut.

Gunakan perban untuk menutupi kutil dan untuk mencegah madu mentes. Biarkan semalaman. Ulangi sebanyak yang diperlukan, selalu pastikan Anda membersihkan perban terlebih dahulu sebelum menggunakannya kembali. 

 

3 dari 6 halaman

2. Air hangat dan garam laut

Ini menjadi salah satu cara termudah untuk menghilangkan kutil yang tidak sedap dipandang. Ini bisa menjadi perawatan yang sangat efektif, tapi membutuhkan banyak ketekunan karena Anda perlu rutin mengulanginya sampai Anda mendapatkan hasil yang diinginkan. 

Untuk mengaplikasikannya, panaskan air dan tuangkan ke dalam mangkuk. Pastikan suhu air antara 113 derajat F dan 120 derajat F. Anda bisa menggunakan termometer untuk memeriksa suhu air. Anda juga bisa melarutkan garam dapur ke dalam air sebelum merendam area yang terinfeksi.

Rendam kutil selama kurang lebih 10-15 menit sampai kutil melunak. Lalu gunakan kikir kuku, batu apung atau amplas ringan untuk mengikis lapirsan kulit mati.

Namun Anda perlu bersabar karena ini bisa memakan waktu hingga 2-3 bulan hingga kutil akhirnya lepas.

 

4 dari 6 halaman

3. Nanas

Jus nanas bisa menjadi sekutu besar untuk menghilangkan kutil karena sangat asam dan mengandung bromelain, enzim pencerna protein yang membantu menghancurkan kutil.

Untuk mengaplikasikannya, rendam sepotong kapas dalam jus nanas dan peras kelebihan cairannya. Lalu oleskan dengan hati-hati ke kutil tanpa memberikan terlalu banyak tekanan.

Selanjutnya bungkus kapas dengan perban. Biarkan selama 3-5 menit. Ulangi 2-3 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat.

5 dari 6 halaman

4. Lidah buaya

Lidah buaya memiliki banyak komponen aktif yang memiliki efek antivirus dan antiseptic, serta anti-inflamasi. Komponen-komponen ini membantu sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi, sehingga menjadikan lidah buaya sebagai salah satu pengobatan rumahan yang paling dicari untuk mengobati kutil. 

Untuk mengaplikasikannya, pertama-tama buang daun dari tanaman lidah buaya. Potong menjadi dua dan kikis gel dari daunnya. Lalu oleskan gel ke kutil, tutup dengan perban dan tunggu selama 5-10 menit atau sampai Anda merasa sedikit lega. Ulangi selama kurang lebih dua minggu.

 

 

6 dari 6 halaman

5. Vitamin C

Vitamin C adalah nutrisi penting yang memiliki banyak manfaat terkait dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, sehingga bisa melawan penyakit dan meningkatkan proses penyembuhan. 

Tubuh kita tidak bisa memproduksi sendiri, sehingga kita bisa memasukkannya melalui diet kaya vitamin. Pilihan lain untuk mendapatkan asupan harian yang direkomendasikan yakni melalui suplemen.

Untuk mengaplikasikannya, gunakan sendok atau bagian bawah gelas untuk menghancurkan tablet vitamin C. Lalu tambahkan bubuk ke dalam gelas dan tuangkan air perlahan sampai Anda mendapatkan pasta.

Selanjutnya rendam sepotong kapas dalam pasta. Oleskan ke kutil dan tutupi dengan perban. Biarkan semalaman, ulangi proses ini setiap hari sampai kutil hilang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.