Sukses

5 Makanan Berserat Ini Justru Harus Anda Hindari Saat Menurunkan Berat Badan

Ada makanan berserat yang sebaiknya dihindari saat menurunkan berat badan

Liputan6.com, Jakarta Makan cukup serat sangat penting bagi mereka yang mencoba menurunkan berat badan. Serat larut hadir dalam gandum utuh, buah-buahan, dan sayuran yang membantu meningkatkan jumlah bakteri usus yang sehat dan meningkatkan tinja, yang pada gilirannya mencegah sembelit dan meningkatkan kehilangan lemak secara keseluruhan.

Serat juga dapat membantu membuat Anda kenyang lebih lama, mencegah mengunyah yang tidak sehat dan mempertahankan tingkat asupan kalori secara keseluruhan. Tapi tidak semua serat sama. Beberapa dapat menghambat penurunan berat badan Anda jika dimasukkan dalam diet atau dikonsumsi dalam jumlah berlebih.

Berikut adalah 5 makanan berserat yang harus Anda hindari saat mencoba menurunkan berat badan. Dihimpun dari TimesofIndia, ini dia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Oatmeal instan

Oatmeal adalah sarapan paling sehat yang bisa didapatkan saat mencoba menurunkan berat badan. Oat kaya akan serat, protein, dan nutrisi lain yang mendukung proses penurunan berat badan. Namun tidak semua jenis oat sama dan memberikan manfaat yang sama.

Dari semua cara oat diproses, hanya steel cut oat dan rolled oat yang terbaik. Oatmeal instan diproses secara cepat, tinggi kalori dan juga mengandung gula. Mereka juga memiliki indeks glikemik tinggi yang dapat meningkatkan kadar gula darah Anda dengan sangat cepat.

 

3 dari 6 halaman

2. Roti gandum utuh

Roti gandum utuh sering disebut lebih baik daripada roti cokelat dan roti putih untuk menurunkan berat badan. Sejujurnya, tidak ada perbedaan di dalamnya.

Roti gandum tidak memiliki banyak serat dan hanya memiliki sedikit manfaat dibandingkan dengan jenis roti lainnya. Mereka masih tidak sehat dan rendah nutrisi dibandingkan dengan buah-buahan dan sayuran. Jadi, jika Anda ingin menurunkan berat badan lebih cepat, Anda harus menghindarinya.

 

4 dari 6 halaman

3. Sup krim sayuran

Ketika berbicara tentang sup untuk menurunkan berat badan, pilihlah sup bening, bukan sup krim sayur. Sup krim memang mengandung serat, tetapi juga sarat dengan kalori.

Ini dapat meningkatkan jumlah kalori harian yang dapat berbahaya bagi Anda saat mencoba menurunkan berat badan. Jadi, ganti sup krim Anda dengan sup bening seperti kaldu sayuran atau kaldu tulang.

 

5 dari 6 halaman

4. Sereal

Sereal sarapan memang mudah untuk disantap di pagi hari, tetapi secara kesehatan itu tidak baik. Bahkan jika sereal Anda diberi label sebagai gandum utuh atau kaya serat, itu tidak begitu bermanfaat bagi kesehatan, terutama untuk menurunkan berat badan.

Sereal biasanya mengandung tambahan gula dan juga tinggi kalori. Jadi, meskipun kaya serat, mereka bukanlah pilihan makanan yang ideal untuk menurunkan berat badan.

 

6 dari 6 halaman

5. Jus buah kemasan

Buah mengandung serat, tetapi tidak demikian dengan jus buah kemasan. Meskipun Anda mungkin mendapatkan jus yang diperkaya dengan nutrisi lain, mereka tentu saja tidak mengandung serat.

Ini tidak dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan cara apa pun sebab jus kemasan tinggi kalori dan kandungan gula. Alih-alih jus buah, Anda lebih baik mengonsumsi smoothie buah buatan sendiri atau buah utuh. Mereka lebih sehat, kaya serat dan dapat membantu menurunkan berat badan dengan cara yang lebih baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.