Sukses

Tanpa Disadari, 5 Kebiasaan di Pagi Hari Ini Bisa Merusak Kulit Anda

Masih ada beberapa kesalahan yang tidak Anda sadari dalam kebiasaanmu di pagi hari yang malah bisa merusak kulit.

Liputan6.com, Jakarta - Rutinitas perawatan kulit akan disesuaikan dengan sempurna untuk memenuhi semua kebutuhan kulitmu. Namun, masih ada beberapa kesalahan yang tidak Anda sadari dalam kebiasaanmu di pagi hari yang malah bisa merusak kulit.

Mulai dari kebiasaan makan sarapan yang sama setiap pagi hingga mengoleskan tabir surya hanya saat Anda berada di luar ruangan. 

Selain itu, ada beberapa kebiasaan di pagi hari lainnya yang bisa merusak kulitmu. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya seperti melansir dari Bright Side, Selasa (16/11/2021). 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Makan oatmeal untuk sarapan setiap hari

Makan semangkuk oatmeal untuk sarapan banyak dipilih individu sebagai cara sehat untuk memulai hari. Namun, jika Anda memakannya setiap hari, Anda secara tidak sengaja membahayakan tubuh dan kulitmu. 

Jika Anda makan oatmeal terlalu sering, Anda akan menghilangkan nutrisi penting lainnya dari tubuhmu, yang pada gilirannya bisa menyebabkan kekurangan gizi dan menyebabkan kulitmu menjadi kering dan bersisik.

3 dari 6 halaman

2. Mandi lebih lama

Mandi air panas di pagi hari tentu membuatmu betah berlama-lama di kamar mandi. Namun, jika kebiasaan ini dilakukan setiap hari ternyata bisa menyabotase kesehatan kulitmu. 

Air panas akan merusak lapisan pelindung kulit yang mengunci kelembapan yang sangat dibutuhkan, sehingga mempercepat proses penuaan. 

Jika Anda mencuci muka di kamar mandi untuk menghemat waktu di pagi hari, itu juga akan merusak kapiler di wajahmu karena air panas menyebabkannya melebar.

4 dari 6 halaman

3. Minum kopi

Banyak individu tidak bisa membayangkan pagi mereka tanpa secangkir kopi panas. Selain enak, kopi ternyata bisa bermanfaat bagi kulitmu. Namun, jika Anda meminumnya setiap hari, bahkan sebelum sarapan, itu akan merusak kulit. 

Kopi adalah diuretic kuat yang berarti bisa menyebabkanmu menjadi sedikit dehidrasi. Ini pada gilirannya akan membuat racun lebih sulit untuk keluar dari tubuhmu melalui kulitmu dan membuatnya lebih rentan terhadap kerutan dini.

5 dari 6 halaman

4. Memakai tabir surya hanya saat cuaca panas

Tabir surya membantu melindungi kulit saat Anda berada di luar saat cuaca panas. Namun, menerapkannya bahkan jika Anda menghabiskan sepanjang hari di dalam ruangan bisa mencegah penuaan kulit. 

Meski kaca yang digunakan di mobil, rumah dan jendela kantor menghalangi sebagian besar sinar UVB, namun itu tetap tidak melindungimu dari sinar UVA yang berbahaya.

Jadi, bahkan jika Anda bekerja di kantor sepanjang hari dan tidak menghabiskan banyak waktu di luar ruangan, tetap lebih baik menggunakan tabir surya untuk membantu kulitmu awet muda lebih lama.

6 dari 6 halaman

5. Menggunakan pencuci muka yang salah

Jika Anda memperhatikan bahwa wajahmu terlihat berminyak saat bangun dari tidur, sebenarnya ada penjelasan ilmiah untuk itu. 

Tubuhmu kehilangan air di malam hari dan sebagai cara untuk mencegah dehidrasi, ia mulai memproduksi lebih banyak sebum, yang menyebabkanmu bangun dengan wajah berminyak. 

Namun, jika Anda tidak tahan dengan minyak dan ingin wajahmu terlihat matte, jangan gunakan pembersih dengan formula yang keras. Sebaiknya cuci muka dengan air hangat menggunakan pembersih yang lembut dan oleskan pelembab sebelum Anda mengeringkannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.