Sukses

Kerap Disindir Masih Single dan Belum Menikah, Coba 7 Cara Ini untuk Membalasnya

Berikut ini cara yang bisa Anda coba untuk membalas sindiran orang atas status lajang Anda

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang terutama wanita yang memiliki prestasi bagus di tempat kerja, menyadari diri mereka masih melajang. Mereka cenderung menyalahkan diri sendiri karena tidak menemukan pasangan dan membiarkan rasa malu menguasai mereka.

Mereka terbiasa mendengar pertanyaan atau sindiran tentang mengapa mereka masih lajang dan mengapa mereka egois dan tidak berusaha lebih keras. Mengabaikan pertanyaan-pertanyaan ini akan luar biasa, tetapi juga akan lebih baik untuk membalas dan memberi tahu orang-orang bahwa mereka tidak dapat memberi tahu Anda apa yang harus dilakukan.

Berikut ini cara-cara yang dapat Anda coba untuk membalas sindiran atau pertanyaan orang atas status lajang Anda seperti dihimpun dari Brightside.me.

1. Alihkan pertanyaan untuk menunjukkan betapa hebatnya karier Anda

Jika anggota keluarga menekan Anda tentang status Anda, Anda tidak perlu bersikap defensif. Tetap di sisi positif dari berbagai hal dan cukup ubah topik menjadi sesuatu yang membuat Anda sangat bahagia saat ini.

Pekerjaan Anda mungkin berjalan dengan baik dan lingkaran pertemanan Anda mungkin memuaskan. Jadi, bicarakan hal-hal yang memberi Anda kegembiraan dan hindari menjawab komentar negatif dengan lebih banyak hal negatif.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

2. Jelaskan cara berpikir Anda, tetapi jangan mempertahankan pilihan Anda

Membuat alasan tentang pilihan Anda mungkin berarti bahwa, jauh di lubuk hati, Anda tidak sebahagia yang Anda katakan. Tetapi, terkadang orang yang menyindirmu karena masih sendiri, membuat Anda merasa insecure dan mendorong Anda untuk mengambil sikap defensif.

Alih-alih melakukan itu, Anda bisa tetap tenang dan menjelaskan sudut pandang Anda. Anda tidak perlu menjelaskan pilihan Anda secara mendetail kepada siapa pun, tetapi beri mereka ringkasan keyakinan Anda.

 

3 dari 7 halaman

3. Tanyakan langsung apakah mereka cemburu

Ada kesalahpahaman bahwa hanya orang lajang yang bisa cemburu pada pasangan yang bahagia. Namun, tidak semua pasangan bahagia dalam hubungan mereka dan mereka bisa cemburu dengan status lajang Anda.

Jadi, mungkin mereka berusaha membuat Anda merasa tidak enak karena iri atas hal-hal yang dapat Anda nikmati saat Anda lajang. Jika Anda mencurigai hal seperti ini, Anda bisa langsung mengkonfrontasi kecemburuan mereka.

 

4 dari 7 halaman

4. Anda dapat mengajukan pertanyaan yang canggung kepada mereka

Ini mungkin bukan hal terbaik untuk dilakukan, karena Anda melakukan kepada seseorang persis seperti yang mereka lakukan kepada Anda, tetapi akan luar biasa bagi mereka untuk melihat betapa tidak pantas pertanyaan tersebut.

Jadi, jika Anda mengetahui hubungan mereka yang tidak terlalu baik atau jika mereka memiliki perceraian di masa lalu, Anda dapat bertanya kepada mereka mengapa mereka masih menikah atau apa yang terjadi dengan hubungan mereka sebelumnya. Mungkin Anda bisa bertanya apakah mereka takut sendirian dan itulah mengapa mereka tetap bersama pasangan yang hubungannya dipertanyakan.

 

5 dari 7 halaman

5. Bersikaplah sarkastik dan buat lelucon

Alih-alih kehilangan ketenangan dan kekejaman Anda, Anda dapat memberikan jawaban sarkastik yang mungkin akan membuat malu orang yang tidak siap. Yang ingin mereka lakukan hanyalah menempatkan Anda di tempat yang sulit, tetapi Anda harus menemukan cara yang bagus untuk membalas.

Anda dapat memberi tahu mereka bagaimana Anda tidak punya cukup uang untuk pernikahan atau bagaimana Anda begitu luar biasa sehingga tidak ada yang bisa menandingi kehebatan itu. Jangan takut untuk usil dengan seseorang yang terlalu usil dan jelas-jelas berniat jahat.

 

6 dari 7 halaman

6. Katakan bahwa pasangan tidak akan membuat hidupmu lebih berharga

Jika hidup Anda tidak bahagia dan terpenuhi saat Anda sendirian, jangan berharap pernikahan membawa itu. Orang harus menjadi makhluk penuh dan bukan separuh yang ingin mengisi kekosongan.

Jika Anda menyadarinya, maka Anda bisa menjelaskannya kepada seseorang yang mempermalukan status lajang Anda. Bukan berarti Anda tidak menginginkan pasangan jika orang yang tepat datang, tetapi Anda tidak mengharapkan mereka memberi makna pada hidup Anda.

 

7 dari 7 halaman

7. Jelaskan bagaimana hubungan Anda sebelumnya menyakiti Anda dan bagaimana Anda perlu fokus pada kesehatan mental Anda

Orang yang mempermalukan Anda tidak benar-benar memperhatikan kesehatan mental dan emosional Anda. Mereka mungkin tidak tahu bagaimana hubungan Anda sebelumnya menyakiti Anda dan meninggalkan bekas luka yang perlu Anda sembuhkan.

Anda tidak memiliki tanggung jawab untuk menjelaskan apa yang terjadi dan bagaimana hal itu menyakiti Anda, tetapi Anda dapat dengan mudah mengatakan bahwa Anda perlu fokus pada diri sendiri. Banyak orang merasa tidak nyaman berbicara tentang kesehatan mental dan mereka mungkin akan meninggalkan topik setelah Anda membuat referensi ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.