Sukses

Logo dan Filosofi Hari Pahlawan 10 November 2021

Memperingati Hari Pahlawan, Kementerian Sosial merilis Tema dan Logo Hari Pahlawan 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap tanggal 10 November, rakyat Indonesia memperingati Hari Pahlawan Nasional 2021. Dengan memperingati Hari Pahlawan Nasional, masyarakat mengenang kembali jasa para pahlawan yang telah berjuang melawan penjajah untuk mempertahankan kemerdekaan. 

Tidak hanya mengingat jasa pahlawan setiap 10 November, Hari Pahlawan juga mengajarkan masyarakat Indonesia untuk menanamkan nilai kepahlawanan dan memiliki semangat kepahlawanan untuk membangun bangsa Indonesia lebih maju. 

Untuk memperingati Hari Pahlawan, Kementerian Sosial merilis tema, logo dan filosofi Hari Pahlawan 2021. Berikut makna dan tema logo Hari Pahlawan 2021 melansir dari kemensos.go.id.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tema Hari Pahlawan 2021

Kementerian Sosial menetapkan tema Hari Pahlawan 2021 yaitu “Pahlawanku Inspirasiku”. Perjuangan para pahlawan kiranya dapat memberikan motivasi dan inspirasi bagi generasi muda penerus bangsa untuk menerukan perjuangan mereka. 

Melalui tema ini, diharapkan agar rakyat Indonesia penerus bangsa memiliki kesadaran dan keinginan untuk mengimplementasikan semangat dan nilai kepahlawanan. Selain itu, melalui peringatan Hari Pahlawan 2021, diharapkan bisa memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dengan saling menghargai satu sama lain dan mempertahankan kemerdekaan dengan hal-hal yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa. 

3 dari 3 halaman

Logo Hari Pahlawan 2021

Logo yang dirilis oleh Kementerian Sosial berbentuk tangan yang menggenggam bambu  runcing yang terdapat simbol bendera merah putih diatasnya. Logo ini memiliki 5 simbol yang masing-masing memiliki filosofi dibaliknya. 

Simbol pertama, Bambu Runcing. Simbol ini merupakan gencatan senjata yang digunakan para pahlawan pejuang kemerdekaan. Senjata ini merupakan simbol keberanian para pahlawan dalam menghadapi kolonialisme. 

Simbol kedua, Menolong. Pahlawan telah mengorbankan kenyamanan hidupnya agar orang lain bisa mendapatkan kenyamanan seperti orang lain. 

Simbol ketiga, Buku. Simbol ini merupakan simbol dari sumber inspirasi generasi masa kini untuk mengetahui kisah heroik dari para pahlawan. Lewat buku, generasi sekarang bisa melakukan nampak tilas perjuangan mereka. Buku juga merupakan sumber inspirasi bagi para pahlawan dalam menggagas kebangsaan Indonesia. 

Simbol keempat, Bendera Berkibar. Merah Putih merupakan simbolisasi dari sebuah bangsa dan negara yang dulu para pahlawan perjuangkan. Sebuah warisan yang harus kita jaga dengan mewujudkan tujuan negara yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsam melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. 

Simbol kelima, Kepalan Tangan. Kepalan tangan merupakan simbol dari perjuangan para pahlawan dengan tekad yang teguh dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Diharapkan generasi sekarang bisa memiliki keteguhan yang sama dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. 

Penulis:

Stephanie

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.