Sukses

Gunakan Es Batu hingga Mentimun, Ini 6 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Tidak perlu lagi beli obat, bahan alami ini ampuh atasi obat jerawat.

Liputan6.com, Jakarta Kebanyakan orang biasanya akan timbul jerawat ketika sedang stres, PMS, salah konsumsi makanan  atau begadang. Jerawat adalah siklus alami bagi setiap orang, sehingga wajar jika timbul jerawat.  

Untuk mengatasinya, ada yang mencoba berbagai rangkaian produk perawatan wajah dari yang murah hingga mahal. Bahkan Anda yang pergi ke klinik untuk mengobatinya. Tapi kali ini Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menghilangkan jerawat Anda.

Dilansir dari Brightside, ada beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk membantu menghilangkan jerawat. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Es Batu

Ketika sedang timbul jerawat, kulit kita akan lebih sensitif dan akan timbul kemerahan. Anda bisa mengoleskan es ke jerawat yang meradang untuk mengobatinya. Es batu akan membantu mengurangi kemerahan dan akan menyembuhkan jerawat, serta mengurangi rasa sakit. 

Anda bisa menggunakan es batu kapan saja tergantung pada rutinitas perawatan wajah Anda. Bisa menggunakannya di pagi dan sore hari, atau bahkan beberapa kali sehari. Untuk menggunakannya, bersihkan jerawat Anda terlebih dahulu dengan lembut menggunakan air hangat. Kemudian letakkan es batu yang dibungkus dengan handuk atau kain kecil pada jerawat dan biarkan selama satu menit. Setelah itu, Anda bisa beri jeda beberapa menit jika ingin mengoleskannya lagi. 

3 dari 7 halaman

Minyak Jojoba

Jojoba oil atau minyak jojoba berasal dari pohon yang tumbuh di tempat yang kering. Minyak ini diambil dari biji Simmondsia Chinensis dan banyak orang yang menggunakannya sebagai pengobatan. 

Minyak ini dipenuhi dengan kandungan vitamin dan mineral yang bisa menghidrasi kulit. Selain itu, minyak ini juga bisa digunakan untuk melawan infeksi. Untuk menggunakannya Anda bisa meneteskan sedikit minyak jojoba di jari Anda, kemudian oleskan dengan lembut ke wajah Anda.

4 dari 7 halaman

Aspirin

Aspirin merupakan obat alami yang berasal dari Spiraea, lautan semak yang mengandung asam salisilat. Obat ini bagus untuk mengurangi jerawat dan bisa membantu mengatasi kemerahan dan pembengkakan yang disebabkan oleh jerawat. Namun, Aspirin alami ini hanya boleh digunakan jika jerawat Anda sangat parah dan menyakitkan. 

Untuk menggunakannya, Anda bisa menghancurkan aspirin menjadi serpihan bubuk-bubuk halus. Kemudian Anda campurkan bubuk aspirin dengan air hangat dan oleskan langsung pada jerawat Anda. 

5 dari 7 halaman

Minyak Biji Rami

Minyak biji rami atau Flaxseed oil mengandung asam lemak omega-3 yang disebut alfa linolenat. Kandungan ini sangat baik untuk mengurangi pembengkakan, kulit kering, dan iritasi. Minyak ini akan menjaga kulit Anda tetap terhidrasi dan bisa meratakan warna kulit yang tidak merata secara alami. 

Jika Anda memiliki bekas jerawat, Anda bisa menggunakan Flaxseed oil untuk memudarkan bekas jerawat tersebut. Kemudian, untuk menggunakannya Anda bisa meneteskan minyak biji rami pada jari Anda, dan oleskan pada spot hitam di kulit Anda.

6 dari 7 halaman

Mentimun

Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda, mentimun juga bisa bermanfaat bagi kulit Anda. Mentimun sangat kaya akan nutrisi vitamin C dan asam folat, bisa menghidrasi dan menenangkan kulit Anda. Anda bisa menggunakan mentimun sebagai masker wajah untuk mengurangi peradangan pada kulit.

Untuk menggunakannya, blender mentimun dan secangkir oatmeal. Kemudian tambahkan satu sendok teh yogurt dan aduk hingga merata. Selanjutnya, oleskan pada wajah secara merata dan biarkan selama 30 menit. Setelah 30 menit, Anda bisa membilas muka Anda. 

7 dari 7 halaman

Minyak Rosemary

Rosemary oil atau minyak rosemary mengandung kalsium, vitamin B-6, dan zat besi. Minyak ini bisa membuat kulit Anda tampak bercahaya dan mengurangi rasa sakit serta peradangan yang disebabkan oleh jerawat. 

Untuk menggunakannya Anda bisa mencampurkan 2 sendok makan green clay dan 1 sendok makan lidah buaya. Tambahkan 2 tetes minyak rosemary, 2 tetes minyak tea tree, dan 2 tetes minyak esensial lemon dan aduk hingga merata. Selanjutnya oleskan secara merata di wajah Anda dan diamkan selama 5-10 menit. Setelah itu, Anda bisa bilas muka Anda dengan air dingin. Anda bisa menggunakannya selama seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Penulis:

Stephanie

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.