Sukses

5 Tips Membentuk Tubuh Ideal Meski Sedang Tidur

Tahukah Anda untuk mendapatkan tubuh ideal, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan bahkan saat tidur.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki tubuh sehat, bugar dan ideal tentu diidamkan setiap individu, khususnya kaum hawa. Tak heran jika berolahraga dan menjalani pola hidup sehat banyak dipilih untuk memiliki bentuk tubuh impian. 

Namun, tahukah Anda untuk mendapatkan tubuh ideal, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan bahkan saat tidur. 

Bagi Anda yang malas berolaraga atau tidak memiliki waktu berolahraga, cara ini sangat cocok untuk Anda coba.

Nah, penasaran bagaimana cara memiliki tubuh idaman saat Anda tidur. Berikut tipsnya seperti melansir dari Bright Side, Kamis (4/11/2021).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Tidur dengan baju minim

Tidur tanpa menggunakan pakaian nyatanya memiliki beberapa manfaat kesehatan dan salah satunya membantu menurunkan berat badan.

Para ilmuwan menyarankan bahwa menjaga suhu tubuh Anda lebih dingin saat Anda tidur membuat metabolisme tubuh lebih cepat karena menghasilkan lebih banyak lemak coklat untuk membuat Anda tetap hangat. 

Lemak coklat menghasilkan panas saat membakar kalori dan ini mempercepat metabolisme Anda di siang hari untuk membantumu menurunkan berat badan.

Tidur tanpa pakaian juga bisa meningkatkan sirkulasi darah dan baik untuk jantung dan otot Anda.

3 dari 6 halaman

2. Tidur yang cukup

Dr Richard K. Bogan, seorang peneliti tidur, mengatakan jadwal tidur sendiri bisa membantu kita dalam penurunan berat badan. 

“Tidur diperlukan untuk hormone tubuh yang normal dan fungsi sistem kekebalan tubuh. Otak yang kurang tidur atau mengantuk adalah otak yang lapar,” katanya.

Dia menyarankan bahwa orang dewasa membutuhkan sekitar 7 setengah hingga 9 jam tidur. 

“Tidur yang buruk malah menyebabkan penambahan berat badan,” lanjutnya.

4 dari 6 halaman

3. Tidur di kamar yang lebih dingin dan lebih gelap

Menurun sebuah penelitian, orang-orang yang mengatur suhu kamar tidur mereka pada 66 derajat F selama satu bulan, meningkatkan jumlah kalori yang dibakar oleh lemak coklat mereka sebesar 42% dan meningkatkan metabolisme sebesar 10%. 

Untuk menurunkan berat badan saat Anda tidur, cobalah tidur dengan lampu yang lebih redup. Menurut Sleep Foundation, penelitian menunjukkan bahwa cahaya sebelum tidur menurunkan kadar melatonin dan jika Anda tidur dengan lampu menyala, itu memiliki dampak besar pada regulasi metabolisme sirkadian dan menjadi alasan untuk menambah berat badan.

Jadi, hindari menggunakan ponsel dan menonton TV saat ingin tidur.

5 dari 6 halaman

4. Makan sesuai jadwal

Menurut ahli gizi, waktu makan dan tidur harus dijaga pada jadwal yang sama setiap hari. Charlotte Harrison, ahli gizi yang berbasis di London, mengatakan, “Tubuh kita berjalan dengan ritme sirkadian, yang merupakan jam internalnya. Waktu makan memiliki banyak pengaruh pada ritme sirkadian kita, jadi menjadwalkan asupan makanan kita sangat penting.”

6 dari 6 halaman

5. Olahraga dengan benar

Jika Anda memiliki lebih banyak massa otot, ini membantumu membakar lebih banyak kalori, bahkan saat Anda sedang tidur. 

Melakukan beberapa olahraga setiap hari, terutama latihan kekuatan, bisa membantumu menurunkan berat badan. Jika sulit bagi Anda untuk tenang di malam hari, cobalah berolahraga beberapa jam sebelum tidur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.