Sukses

Ladies, Ini 4 Cara Mudah Atasi Kram Perut Saat Menstruasi

Ada beberapa cara mudah yang dapat membantu meringankan rasa sakit dan kram pada perut saat menstruasi.

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar wanita tentu pernah mengalami kram perut saat menstruasi. Tak sedikit yang bahkan kerap mengalami kram perut hebat sehingga membuat tak bisa beraktivitas saat menstruasi. 

Kondisi ini umumnya terjadi karena adanya kontraksi dari otot uterus. Saat otot-otot tersebut menekan pembuluh darah itu membuat oksigen jadi berkurang sehingga menimbulkan rasa sakit atau kram saat menstruasi.

Namun jangan khawatir ladies, ada beberapa cara mudah yang dapat membantu meringankan rasa sakit dan kram pada perut saat menstruasi. Dilansir dari Boldsky, berikut deretan tipsnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Kompres air hangat

Cara termudah dan terampuh untuk menghilangkan kram perut saat menstruasi adalah dengan kompres air hangat. Anda dapat kompres air hangat pada bagian perut bawah atau abdomen untuk mengurangi rasa sakit. Cobalah menggunakan botol yang diisi dengan air hangat sebagai alat kompres. Ini dapat mengurangi rasa sakit dan kram saat menstruasi.

3 dari 5 halaman

2. Pijat

Cara selanjutnya ialah dengan melakukan pijatan yang berfokus di abdomen, punggung dan bagian samping badan selama 15 menit. Pijatan ini dapat membantu menurunkan kram sebanyak 90 persen. Anda juga dapat menggunakan essential oil yang dapat merilekskan tubuh.

4 dari 5 halaman

3. Jaga Pola Makan

Saat menstruasi cobalah untuk menghindari makanan yang menyebabkan air berlebihan dalam tubuh atau kembung. Hindari juga mengonsumsi hal lain seperti minuman berkarbonasi, kafein, makanan berlemak, alkohol dan makanan dengan garam berlebihi. Makanan tersebut merusak tingkat gula darah serta memperburuk kram pada perut saat menstruasi.

5 dari 5 halaman

4. Olahraga

Cobalah untuk biasakan diri berolahraga setiap secara rutin. Otot yang sehat akan mengurangi rasa sakit saat kontraksi otot uterus terjadi ketika menstruasi. Olahraga juga dapat menimbulkan endorfin yang membuat pikiran tenang dan mengurangi kram menstruasi. Jalan kaki atau yoga dapat dilakukan saat menstruasi terjadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.