Sukses

Viral, Pria Ini Tunjukkan Mengapa Minum Es di Restoran Bisa Membuatmu Sakit

Pria ini menunjukkan mengapa mengonsumsi es di restoran bisa membuat Anda sakit

Liputan6.com, Jakarta Tidak ada yang lebih menyegarkan daripada segelas air dingin atau minuman bersoda saat Anda duduk untuk makan malam di restoran.

Tapi sebuah video yang beredar di TikTok terkait dari mana es untuk minuman di restoran berasal, mungkin akan membuat Anda berpikir dua kali saat berikutnya memesan minuman dengan es.

Seorang teknisi es yang memeriksa mesin es skala besar telah memperingatkan warganet untuk memilih untuk tidak meminum es di restoran karena itu bisa membuat Anda sakit.

TikToker @Jantheman____, yang menggunakan nama 'The Ice Man', mengunggah video di Tiktok di mana ia memfilmkan inspeksi mesin es di sebuah restoran.

Rekaman yang mengejutkan itu mungkin akan membuat Anda merasa tidak nyaman. Bahkan mungkin membuat Anda yang sering minum es merasa sedikit mual.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mesin es kotor

Dalam video tersebut, terekam penampakan mesin yang tampak kotor dengan jamur bernoda kuning yang tumbuh di sekitar engselnya.

The Ice Man berkata: "Biarkan saya memberi tahu Anda sesuatu dengan sangat cepat - sering kali orang pergi ke restoran, mereka sakit dan mereka pikir itu keracunan makanan atau makanan yang membuat mereka sakit.

"Biarkan saya memberi tahu Anda ini, ada kemungkinan es yang membuat Anda sakit."

 

3 dari 5 halaman

Es yang mungkin mengandung bakteri

Ketika dia membuka wadah air mesin, itu menunjukkan buih mengambang di atasnya. Kemudian dia menjelaskan bahwa air itulah yang digunakan untuk membuat es.

"Anda tidak bisa memberi tahu saya bahwa air seperti ini tidak membuat orang bergidik," katanya.

The Ice Man kemudian merujuk kepada artikel yang menjelaskan bahwa es komersial seringkali "kotor" sehingga Anda sebaiknya memikirkan kembali keputusan mengonsumsi es di restoran.

 

4 dari 5 halaman

Bakteri yang perlu diwaspadai

Meskipun ada banyak kuman berbahaya yang tidak dapat bertahan hidup di atas es, banyak bentuk bakteri jahat masih dapat tumbuh dengan mudah dalam kondisi dingin.

Beberapa bakteri yang perlu diwaspadai adalah: norovirus, E.coli, salmonella, hepatitis A dan penyakit legionnaires.

Di sisi lain, warganet yang menonton video TikTok tersebut merasa ngeri mengetahui kenyataan tersebut.

"Aku merasa mual. Sebaiknya tak lagi memesan minuman dengan es di restoran," tulis seorang warganet.

"Tak heran aku sering sakit perut setelah makan di luar," tulis lainnya.

5 dari 5 halaman

Infografis larangan memakai air tanah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.