5 Fakta Hari Sumpah Pemuda yang Penting untuk Diketahui

Oleh Camelia pada 28 Okt 2021, 19:06 WIB
Diperbarui 28 Okt 2021, 19:06 WIB
Ilustrasi Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober
Perbesar
Ilustrasi Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober. (Photo on Freepik)

Liputan6.com, Jakarta - Hari Sumpah Pemuda diperingati setiap tanggal 28 Oktober. Seperti yang kita semua tahu bahwa Hari Sumpah Pemuda merupakan salah satu tonggak utama dalam pergerakan kemerdekaan Indonesia. 

Melalui Sumpah Pemuda bangsa kita terutama para pemuda mengikrarkan diri sebagai sebuah bangsa. Sayangnya, banyak generasi muda saat ini yang tak mengetahui bagaimana sejarah dari Hari Sumpah Pemuda. Padahal semangat juang para pemuda pada masa itu patut dijadikan cerminan diri.

Dikutip dari laman museumsumpahpemuda.kemdikbud.go.id, berikut ini lima fakta Sumpah Pemuda yang penting diketahui para pemuda masa kini.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

3 Keputusan Kongres

Menilik Sejarah Indonesia di Museum Sumpah Pemuda
Perbesar
Sejumlah pelajar melihat biola milik WR. Supratman saat menciptakan lagu Indonesia Raya yang juga dikumandangkan saat kongres Sumpah Pemuda, Jakarta, Rabu (29/10/2014). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sumpah pemuda merupakan hasil keputusan kongres pemuda kedua yang diadakan pada tanggal 27-28 Oktober 1928 di Batavia, Jakarta. Isi dari keputusan ini adalah para pemuda berikrar satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa, Indonesia. Gagasan penyelenggaraan Kongres Pemuda Kedua berasal dari Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI), sebuah organisasi pemuda yang beranggota pelajar dari seluruh indonesia. Atas inisiatif PPPI, kongres dilaksanakan di tiga gedung yang berbeda dan dibagi dalam tiga kali rapat. Sehingga menghasilkan Sumpah Pemuda.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Nama 'Sumpah Pemuda'

Jelang Hari Sumpah Pemuda, Yuk Ingat Lagi Teks Sumpah Pemuda
Perbesar
Hari Sumpah Pemuda. (Sumber foto: easysmansa.blogspot.com)

Awalnya hasil rumusan dari kongres ini tidak memiliki nama, beberapa hari kemudian, barulah ikrar tersebut diberi nama ‘Sumpah Pemuda.’

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Lagu Indonesia Raya Diperdengarkan untuk Pertama Kali

[Bintang] 13 Tokoh Penting Sumpah Pemuda yang Harus Selalu Kamu Ingat
Perbesar
W.R Supratman. | via: photo.navi-pon.com

Pada kongres ini Lagu Indonesia Raya diperdengarkan untuk pertama kalinya. Lagu ini dibawakan langsung oleh penciptanya, WR Supratman dengan menggunakan biola. Pada saat itu lagu Indonesia Raya dikumandangkan tanpa syair lantaran Belanda tidak mengizinkan kata ‘merdeka’ untuk diucapkan. 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Ditulis oleh Muhammad Yamin dan dibacakan oleh Soegondo

20151027-Museum Sumpah Pemuda Ramai Dikunjungi Para Pelajar-Jakarta
Perbesar
Seorang murid SD memerhatikan patung diorama saat WR Soepratman memainkan biola di Museum Sumpah Pemuda, Jakarta, Selasa (27/10/2015). Jelang peringatan 87 tahun Sumpah Pemuda, museum ini ramai dikunjungi masyarakat. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Kongres diadakan di sebuah rumah, di jalan Kramat Raya nomor 106, Jakarta Pusat. Hasil kongres ditulis oleh Muhammad Yamin dan dibacakan oleh Soegondo Djojopoespito, sebagai pimpinan kongres.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Menggunakan Bahasa Belanda

Isi Sumpah Pemuda
Perbesar
Ilustrasi Naskah Sumpah Pemuda Credit: pexels.com/Did

Pada awalnya hasil kongres ditulis menggunakan bahasa Belanda. Namun, Muhammad Yamin kemudian menterjemahkan hasil kongres tersebut ke dalam bahasa Melayu.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya