Sukses

4 Tanda Seseorang Sedang Berbohong Dilihat dari Chatnya

Apakah Anda sering mendapatkan chat semacam ini? Bisa jadi dia sedang membohongimu

Liputan6.com, Jakarta - Sekitar 60 persen orang dewasa tidak bisa melakukan percakapan selama 10 menit tanpa berbohong. Di sisi lain, tidak ada satu orang pun yang mau dibohongi.

Untuk mengetahui kebohongan yang dilakukan seseorang, bisa dideteksi dengan berbagai tanda. Bisa dilihat dari bahasa tubuhnya, cara berbicaranya dan lain-lain. 

Tanda-tanda kebohongan umumnya bisa terlihat jika Anda bertemu secara langsung. Tapi bagaimana bila mereka berbohong melalui chatting atau pesan singkat?

Orang-orang berpikir bahwa lebih mudah untuk berbohong jika melalui chat karena bisa memiliki banyak waktu sebelum membalas pesannya. Terlepas dari ini semua, ini dia beberapa tanda kebohongan yang bisa dideteksi melalui chat seperti merangkum dari Bright Side, Kamis (21/10/2021).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Bertele-tele

Seseorang yang mencoba membohongi Anda tanpa sadar akan menjawab pesanmu dengan bertele-tele. Sebuah penelitian yang dilakukan Cornell University membuktikan bahwa jika seseorang berbohong biasanya mereka akan membalas pesan Anda dengan kalimat yang lebih panjang.

Kemudian jika Anda menanyakan pada mereka terkait kecurigaan Anda dan mereka mencoba untuk menyakinkan Anda secara berulang-ulang, bisa jadi mereka membohongi Anda.

Selain itu, mereka juga akan menggunakan kata-kata yang tidak memberikan kepastian seperti mungkin, kayaknya dan coba.

Tentu saja dengan menggunakan kata-kata tersebut berarti mereka sedang berbohong. Contohnya ketika Anda meminta teman Anda untuk melakukan sesuatu dan mereka menjawabnya dengan mungkin, kayaknya, atau coba, berarti dia tidak akan melakukan permintaan Anda. 

3 dari 5 halaman

2. Membalas chat dengan jeda waktu yang lama

Jika lawan bicara Anda merespons pesan Anda dengan jeda waktu yang lama, bisa jadi ini merupakan salah satu tanda dia sedang berbohong. Tapi, jangan berburuk sangka dulu. Mungkin saja dia sedang sibuk dengan pekerjaannya atau tidak melihat notifikasi dari pesan Anda. 

Namun, bila lawan bicara Anda tidak biasanya menjawab pesan dengan waktu yang lama, bisa jadi mereka sedang menghindari Anda dan mencari tahu apa yang harus dia katakan pada Anda.

Seorang pembohong juga bisa berhenti sejenak untuk memutuskan apakah dia akan berbohong atau akan mengatakan yang sebenarnya. 

4 dari 5 halaman

3. Tidak menjawab pertanyaan

Seseorang yang berbohong juga bisa dilihat dari cara dia mengalihkan topik pembicaran. Ketika Anda sedang menanyakan sesuatu, orang yang berbohong akan membalas pesan Anda dengan mengubah topik percakapan atau menggantungkan pertanyaan Anda begitu saja.

5 dari 5 halaman

4. Mengetik terlalu lama

Ketika pesan Anda tidak dibalas dan mendapati lawan bicara Anda mengetik terlalu lama, bisa jadi dia sedang meng-edit teksnya. Ini tentunya terlihat mencurigakan.

Dia mungkin sedang menghapus, menulis ulang dan menghapus lagi. Dia mengoreksi teksnya berulang kali untuk membuatnya terlihat lebih meyakinkan. 

 

Penulis:

Stephanie

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.