Sukses

3 Amalan Maulid Nabi yang Dianjurkan, Membawa Banyak Berkah

Menyambut Kelahiran Nabi Muhammad SAW, berikut 3 amalan yang bisa dilakukan untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Allah.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam memperingati Maulid atau kelahiran Nabi Muhammad SAW yang tahun ini jatuh pada Selasa 19 Oktober 2021, terdapat beberapa kebiasaan yang dilakukan bagi umat Islam. Berbagai tradisi dan amalan biasa dilakukan oleh umat muslim untuk merayakan hari lahir Nabi Muhammad SAW

Dikutip dari Umma, Selasa (19/10/2021), Ustaz Ainul Yaqin mengungkapkan terdapat beberapa amalan yang dianjurkan jelang peringatan Maulid Nabi. Hal ini dilakukan sebagai bentuk syukur dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

Berikut ini berbagai amalan yang dapat dilakukan untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, seperti merangkum dari beberapa sumber.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Puasa sunah

Melakukan puasa dapat menjadi amalan Sunnah dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Melansir dari Umma, Ustaz Ainul mengatakan bahwa pada saat hari kelahiran yang bertepatan pada hari Senin, Nabi mensyukurinya dengan puasa.

Ketika ditanya tentang puasa hari Senin, Rasulullah SAW menjawab “Karena saat itu aku dilahirkan dan saat itu aku dibangkitkan.” (HR. Muslim). 

Tujuan Nabi Muhammad SAW berpuasa adalah sebagai ungkapan syukur untuk kedua nikmat Allah tersebut. Ini menunjukkan bahwa Nabi Muhammad SAW mensyukuri hari lahirnya dengan cara ibadah yaitu ibadah puasa.

Selain bersyukur, amalan lain ketika kelahiran Nabi Muhammad SAW adalah melakukan puasa yang juga bagian dari ibadah kita pada Allah sebagai bentuk syukur. 

3 dari 4 halaman

2. Shalawat

Kemudian Ustaz Ainul juga mengatakan, amalan yang tak kalah penting untuk dilakukan dalam menyambut kelahiran Nabi Muhammad SAW adalah membaca shalawat Nabi. 

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkan salam penghormatan kepadanya.” (QS. Al Ahzab: 56) 

“Ketika kita menghadirkan Nabi Muhammad SAW dalam hati kita dengan mencintai dan bergembira atas kelahiran-Nya, pada Maulid Nabi Muhammad, maka kita lakukan yang terbaik dengan menghidupkan sunah-sunah nabi, puasa, sedekah, shalawat Nabi Muhammad mendoakan Nabi dan kita, sebab jaminannya adalah kelak kita akan mendapatkan syafaat Nabi,” ujar Ustaz Ainul, dikutip dari Umma

4 dari 4 halaman

3. Memberikan Sedekah

Mengutip dari Oase.id, dalam menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW, dianjurkan untuk bersedekah. Ini bertujuan sebagai ungkapan rasa syukur atas berkah yang diberikan oleh Allah kepada kita. 

Allah SWT bersabda “Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambahkan (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.” (QS. Ibrahim; 7)

Penulis:

Stephanie

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.