Sukses

Ketentuan Pelaksanaan Sholat Witir, Dilakukan dengan Rakaat Ganjil

Sholat witir dilakukan pada malam hari untuk penutup pada sholat malam.

Liputan6.com, Jakarta - Umat muslim wajib menunaikan sholat 5 waktu dalam sehari. Sholat merupakan amalan wajib yang perlu dikerjakan setiap umat muslim, mulai dari waktu subuh, siang, sore, petang, dan malam hari.

Selain sholat wajib, terdapat amalan lain yang dapat kita lakukan dengan sholat sunnah. Sholat sunnah witir termasuk salah satu yang dianjurkan pelaksanaannya.

Dirangkum dari merdeka,com, Kamis (14/10/21), pada umumnya, waktu sholat witir biasanya dilakukan setelah mengerjakan sholat tarawih di bulan Ramadhan. Selain itu, sholat witir juga dapat dilakukan setelah sholat tahajud.

Sholat witir merupakan amalan penutup pada sholat malam. Sholat penutup ini dilakukan sebanyak 3 rakaat atau bisa juga dilakukan minimal 1 rakaat.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jumlah Rakaat Sholat Witir

Perlu diketahui, sholat witir biasa dilaksanakan dengan jumlah rakaat ganjil, yaitu mulai dari 1 rakaat, 3 rakaat, 5 rakaat, hingga hitungan ganjil lainnya. Rakaat paling banyak dilakukan dalam 11 rakaat.

Sholat witir dilakukan sendiri tanpa berjamaah, namun pada bulan Ramadhan umumnya sholat witir dilakukan secara berjamaah setelah sholat tarawih.

Seperti sholat tarawih, sholat tahajud, sholat hajat, istikharah dan lainnya, sholat witir juga dilaksanakan pada malam hari.

 

Penulis : Alicia Salsabila

3 dari 3 halaman

Infografis Yuk Kenali KIPI dan Penanganan Usai Disuntik Vaksin Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.