Sukses

Basmi Bakteri Jahat, Fokus Bersihkan 3 Bagian Tubuh Ini Saat Mandi

Tiga bagian tubuh yang harus dibersihkan setiap hari saat mandi ini hindarkan Anda dari bakteri jahat

Liputan6.com, Jakarta Mandi merupakan akivitas yang menyegarkan sekaligus rangkaian untuk membersihkan seluruh tubuh sebelum maupun sehabis melakukan kegiatan.

Idealnya, mandi dilakukan sebanyak dua kali sehari. Namun, jangan sampai Anda mandi secara berlebihan karena hal ini justru merugikan dibandingkan memberikan manfaat dari kesegaran yang didapat. 

Bahkan, menurut seorang dokter setidaknya Anda hanya butuh membasuh tiga bagian tubuh setiap mandi untuk membasmi bakteri jahat.

Ingin tahu bagian tubuh mana saja yang butuh dibersihkan? Berikut ulasannya dilansir dari Best Life:

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peranan sabun saat mandi

Saat Anda membasuh sabun di seluruh permukaan tubuh, sebenarnya tindakan ini amat memboroskan. 

Sandu Skotnicki, MD asisten profesor dermatologi di University of Toronto menyebutkan area ketiak, selakangan, dan kak, ketiga bagian tubuh yang butuh dibasuh sabun setiap hari dan sisanya bersifat opsional.

Dirinya menambahkan menyabuni tubuh Anda dari kepala hingga kaki dengan sabun dapat menimbulkan masalah lain seperti eksim dan kondisi kulit lainnya. 

Oleh karena itu, Anda hanya dianjurkan fokus pada ketiga bagian tubuh saja karena sudah dipastikan kuman yang berada di ketika, selakangan, dan kaki termasuk kuman jahat yang berbahaya.

 

3 dari 4 halaman

Sabun mandi dan dampaknya

Pada dasarnya, tubuh kita membutuhkan peranan bakteri yang membantu dalam membedakan mana kuman jahat dan baik bagi tubuh. 

Robynne Chutkan, MD, pendiri Digestive Center for Women in Chevy Chase, Maryland, menjelaskan bahwa dengan membasuh sabun mandi ke seluruh tubuh, itu mengancam kekebalan tubuh Anda sehingga permukaan kulit riskan terkena penyakit dari virus tertentu.

Studi 2018 yang diterbitkan di Science Advances melaporkan bahwa kondisi kulit yang mempunyai bakteri strain, lebih rendah risikonya terjangkit penyakit kanker kulit. Sementara itu kulit yang tidak memiliki bakteri, justru lebih riskan terkena penyakit yang lebih parah.

Bila hanya butuh kesegaran, Anda bisa membilas tubuh hanya dengan air tanpa dibarengi sabun. 

 

4 dari 4 halaman

Mengapa harus menyabuni ketiak, selakangan, dan kaki

Ketiak, selakangan, dan kaki menjadi fokus utama dikarenakan ketiga area tersebut termasuk kulit sensitif yang rawan ditumbuhi jamur dan kebanyakan pertumbuhan rambutnya ke dalam sehingga menimbulkan infeksi bila tidak sering dibasuh dengan sabun. 

Karena sensitif, kulit di area tersebut rentan terhadap perkembangan bakteri jahat. 

Jadi, belum tentu seseorang yang rajin mandi terbebas bakteri jahat. Trik simpelnya, guyur tubuh Anda pakai air menjadi cara efektif untuk menghindarinya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.