Sukses

5 Gejala Awal Serangan Stroke yang Patut Anda Ketahui

Berikut ini gejala awal serangan stroke yang patut Anda ketahui

Liputan6.com, Jakarta Apa yang membuat stroke menjadi jenis penyakit yang menakutkan dan mematikan adalah bahwa gejalanya sering muncul secara tiba-tiba, sehingga tidak banyak waktu untuk mencari pertolongan medis yang diperlukan. Dengan kata lain, ada sangat sedikit tanda-tanda peringatan dini stroke.

Jika Anda menduga Anda atau orang lain mengalami stroke, CDC menyarankan untuk menggunakan akronim FAST, yang berarti mencari: wajah terkulai di satu sisi (Face), satu tangan terkulai saat diangkat (Arm), bicara cadel atau aneh (Speak) dan "waktu (Time)," yang mengacu untuk segera menghubungi medis jika Anda melihat salah satu gejala yang disebutkan di atas.

Dan meskipun ini adalah teknik yang berguna untuk mengidentifikasi stroke pada saat itu juga, para ahli juga menemukan beberapa hal yang mungkin mengindikasikan bahwa stroke di masa mendatang.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Susah berbicara, wajah kaku, salah satu tangan/kaki lemas, dan gangguan penglihatan

Menurut sebuah studi tahun 2005 yang diterbitkan dalam jurnal Neurology, banyak pasien akan mengalami serangan iskemik transien (TIA), sebuah "stroke peringatan" atau "stroke mini," sebelum stroke sesungguhnya terjadi.

Gejala TIA dapat terjadi hingga tujuh hari sebelum stroke iskemik penuh yang berupa mati rasa atau kelemahan pada wajah, lengan, atau kaki (terutama di satu sisi tubuh); kebingungan; kesulitan berbicara; dan gangguan penglihatan pada satu atau kedua mata. Meskipun gejala-gejala ini tampak sementara, mereka harus segera ditangani saat diperhatikan.

"Waktu TIA sangat penting, dan perawatan yang paling efektif harus dimulai dalam beberapa jam setelah TIA untuk mencegah serangan besar," ujar penulis studi Peter M. Rothwell, MD, PhD, seorang ahli saraf klinis di Radcliffe Infirmary di Oxford dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari Bestlifeonline.

 

3 dari 6 halaman

2. Tiba-tiba kehilangan keseimbangan saat berjalan

Jika Anda merasa kaki Anda tidak stabil, terutama jika itu terjadi secara tiba-tiba, Anda harus segera menemui dokter. Masalah dengan keseimbangan Anda tidak hanya bisa menjadi tanda stroke berat, tetapi juga TIA, yang berarti gejalanya bisa terjadi hingga seminggu sebelum stroke besar.

 

4 dari 6 halaman

3. Mengalami sakit kepala mendadak, mati rasa, atau kesemutan

Menurut para ahli di Cardiac Screen, sebuah klinik medis independen di London yang menyediakan perawatan jantung spesialis dan skrining jantung, "tanda-tanda stroke sering muncul tiba-tiba, tetapi itu tidak berarti Anda tidak akan punya waktu untuk bertindak. Beberapa orang akan mengalami gejala seperti sakit kepala, mati rasa atau kesemutan beberapa hari sebelum mereka mengalami stroke yang serius."

 

5 dari 6 halaman

4. Keterampilan kognitif mulai menurun

Terkadang, perubahan yang lebih halus bisa menjadi tanda stroke yang akan datang bertahun-tahun. Sebuah studi tahun 2021 dari Erasmus MC University di Belanda yang diterbitkan dalam Journal Of Neurology Neurosurgery & Psychiatry melacak 14.712 peserta antara tahun 1990 dan 2016.

Pada awal penelitian dan secara berkala setelahnya, peserta menjalani serangkaian wawancara forensik dan tes fisik yang mengukur segalanya. dari ingatan, kemampuan berbicara, dan waktu reaksi hingga seberapa baik mereka dapat menangani tugas sehari-hari, seperti membersihkan, mengelola keuangan pribadi, dan memasak.

Selama penelitian, 1.662 peserta menderita stroke pertama pada usia rata-rata 80 tahun. Setelah mencocokkan setiap orang yang terkena stroke dengan tiga peserta yang tidak, perbandingan tes forensik dan fisik menunjukkan bahwa peserta mulai menunjukkan penurunan kinerja mental mereka hingga satu dekade sebelum stroke yang sebenarnya terjadi.

 

6 dari 6 halaman

5. Mengalami menopause sebelum usia 40 tahun

Sebuah studi baru-baru ini yang diterbitkan dalam jurnal American Heart Association (AHA) Stroke menganalisis risiko stroke untuk wanita pascamenopause. Para peneliti memantau lebih dari 16.200 wanita pascamenopause antara usia 26 dan 70 di Belanda selama hampir 15 tahun, mengamati total 830 stroke. Studi tersebut menemukan bahwa wanita yang mengalami menopause sebelum usia 40 tahun 1,5 kali lebih mungkin mengalami stroke iskemik dibandingkan wanita yang mengalami menopause pada usia antara 50 dan 54 tahun.

"Sangat penting bagi semua wanita untuk mencoba dan mencapai kesehatan kardiovaskular yang optimal sebelum dan sesudah menopause, tetapi bahkan lebih penting bagi wanita dengan menopause dini," ujar rekan penulis studi Yvonne van der Schouw, PhD, seorang profesor penyakit kronis epidemiologi di Universitas Utrecht di Belanda dalam sebuah pernyataan.

Selain peningkatan risiko bagi wanita yang mengalami menopause sebelum usia 40 tahun, para peneliti menemukan bahwa untuk wanita di atas usia 50 tahun—yang mendekati usia rata-rata onset menopause—risiko stroke menurun sebesar 2 persen setiap tahun menopause tertunda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.