Sukses

5 Penyebab Mulut Terasa Kering Saat Bangun Tidur

Mulut terasa kering saat bangun tidur bisa membuat mulut berbau tidak sedap.

Liputan6.com, Jakarta - Semua orang pasti mengalami mulut yang terasa kering saat bangun tidur. Mulut dan tenggorokan yang kering bisa menyebabkan bau mulut yang tidak sedap. Meskipun ini adalah kondisi yang normal tetapi terasa sangat tidak nyaman.

Mulut yang kering biasa terjadi karena Anda tidak menghasilkan cukup air liur selama Anda tertidur. Namun, mengutip dari Livestrong, kekurangan air liur ternyata merupakan gejala atau efek samping dari masalah kesehatan. 

Berikut ini adalah 5 penyebab mulut kering di pagi hari menurut ahli periodonti dan ahli mikrobiologi, Frank A. Scannapieco, DMD, PhD, sebagaimana mengutip dari Livestrong.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mengonsumsi Alkohol atau Kafein

Konsumsi kafein dan alkohol bisa menjadi salah satu penyebab langit-langit di mulut Anda menjadi kering. Menurut National Institute of Dental and Craniofacial hal tersebut disebabkan karena kafein dan alkohol membuat sedikit dehidrasi, sehingga bisa menyebabkan mulut kering. 

3 dari 6 halaman

Dehidrasi

Jika mulut Anda terasa kering, biasanya merupakan indikasi bahwa seluruh tubuh Anda membutuhkan lebih banyak cairan. Menurut Dr. Scannapieco, ketika Anda mengalami dehidrasi, Anda tidak memiliki cairan yang cukup untuk menghasilkan air liur. Air liur adalah 99 persen H2O. Jika Anda tidak mengonsumsi air yang cukup sepanjang hari, Anda bisa mengalami dehidrasi dan mulut akan terasa kering di pagi hari. 

4 dari 6 halaman

Bernapas Melalui Mulut

Apakah Anda sering terbangun dengan mulut yang terbuka lebar? Mungkin Anda bernapas melalui mulut selama Anda tertidur. Mulut yang kering ketika bangun tidur di pagi hari juga bisa disebabkan oleh napas melalui mulut saat sedang tidur. 

Menurut Dr. Scannapieco, jika Anda tertidur dengan mulut terbuka, jaringan mulut akan mengering terutama jaringan yang paling dekat dengan bibir Anda. 

Bernafas melalui mulut adalah hal yang sangat umum terjadi, terutama ketika Anda sesak. Misalnya seperti saat hidung tersumbat. Kondisi ini membuat Anda kesulitan untuk bernafas melalui lubang hidung Anda, sehingga Anda bernafas dengan mulut. 

5 dari 6 halaman

Kemungkinan Mengalami Sleep Apnea

Seorang pendengkur kronis yang bangun dengan kondisi mulut yang kering mungkin merupakan tanda Anda mungkin mengalami sleep apnea, gangguan tidur yang ditandai dengan pernapasan yang tidak normal saat sedang tidur. 

Orang-orang dengan kondisi ini mengalami gangguan pernapasan, terengah-engah, dan mendengkur keras. Gangguan ini bisa membuat membuat Anda bernapas melalui mulut dan menyebabkan mulut kering. 

6 dari 6 halaman

Mengonsumsi Obat-obatan Tertentu

Beberapa obat bisa mengganggu mulut Anda dan bisa mengurangi aliran air liur. Dr Scannapieco mengatakan obat-obatan dapat bekerja pada sistem saraf pusat atau pada sel sekretori kelenjar ludah yang bisa mengurangi produksi air liur. Beberapa obat-obatan tersebut seperti obat yang digunakan untuk mengobati depresi dan kandung kemih yang bisa menyebabkan mulut kering.

Kemudian beberapa antihistamin, pelemas otot, dan obat pereda nyeri juga memiliki efek samping yang membuat mulut kering. Seiring bertambahnya usia, kita cenderung mengonsumsi banyak obat sehingga memiliki risiko yang lebih tinggi terhadap kondisi mulut yang kering. Faktanya 1 dari 5 orang dewasa mengalami xerostomia atau mulut kering. 

Penulis:

Stephanie 

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.