Sukses

5 Kebiasaan Ini Bisa Menyebabkan Warna Bibir Menjadi Gelap

Berikut deretan kebiasaan yang tanpa disadari dapat membuat bibir jadi gelap.

Liputan6.com, Jakarta Setiap wanita tentu ingin memiliki bibir sehat dan merah merona. Sayangnya tak sedikit wanita yang memilki bibir berwarna gelap. Ya, bibir gelap kerap menjadi masalah serius bagi para wanita. Pasalnya hal ini bisa menurunkan rasa percaya diri. 

 

Rupanya ada banyak kebiasaan yang dilakukan yang dapat mengakibatkan bibir gelap. Tanpa sadar kebiasaan tersebut semakin hari semakin membuat bibir bertambah gelap. Melansir dari laman Womantalk berikut deretan kebiasaan yang tanpa disadari dapat membuat bibir jadi gelap.

 

Tidak Membersihkan Sisa Lipstik

 

Salah satu penyebab bibir menjadi gelap ialah lantaran Anda jarang membersihkan sisa lipstik ladies. Pasalnya bahan kimia dalam lipstik yang dibiarkan terlalu lama dapat membuat pigmen bibir akan menjadi lebih gelap. Jika Anda tidak ingin bibir gelap, usahakan untuk rajin membersihkan sisa lipstik secara menyeluruh.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Paparan Sinar Matahari

Bibir adalah bagian tubuh manusia yang paling mungkin mengalami hiperpigmentasi karena terpapar sinar matahari yang mengandung UVA dan UVB. Produksi melanin yang berlebihan akan membuat bibir menjadi gelap. Sebagai pencegahan, gunakan lip balm yang mengandung SPF.

3 dari 5 halaman

Terlalu Banyak Konsumsi Kafein

Konsumsi minuman panas berkafein secara teratur, seperti kopi atau teh, dapat menyebabkan bibir menjadi lebih gelap. Kafein adalah diuretik yang membuat Anda sering buang air kecil. Diuretik yang berlebihan dalam tubuh dapat menyebabkan dehidrasi karena cairan terus mengalir melalui urin. Pada saat yang sama, dehidrasi itu sendiri dapat membuat bibir pecah-pecah, tidak sehat, dan dapat berubah warnanya menjadi lebih gelap.

4 dari 5 halaman

Menjilat Bibir

Menjilat dan menggigit bibir adalah hal yang sering dilakukan banyak orang. Rupanya hal ini justru bisa merusak kesehatan bibir. Kebiasaan ini akan membuat bibir menjadi lebih kering dan jika dibiarkan dalam waktu yang lama akan menggelapkan bibir.

5 dari 5 halaman

Kurang Merawat Bibir

Sama seperti anggota tubuh lainnya, nyatanya bibir juga membutuhkan perawatan loh. Jika Anda ingin menjaga warna bibir tetap natural, usahakan untuk jangan pernah malas menggunakan lip balm secara rutin. Anda juga dapat melakukan eksfoliasi bibir minimal dua kali seminggu untuk mengangkat sel kulit mati di bibir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.