Sukses

Tata Cara Sholat Posisi Duduk dan Tidur Bagi Orang Sakit

Sholat wajib dikerjakan bagi umat muslim, maupun sedang dalam keadaan sakit.

Liputan6.com, Jakarta - Sholat merupakan tiang agama. Bagi umat muslim, wajib melaksanakan sholat di tengah kondisi apa pun.

Baik saat kondisi sakit pun selama masih berakal dan sudah baligh, sholat wajib dikerjakan. Allah SWT memberi keringanan kepada orang sakit untuk tetap menjalankan sholat.

Tata cara sholat bagi orang sakit, berbeda dengan gerakan sholat pada umumnya. Tercantum dalam kitab suci Al-Quran, surah Al-Baqarah ayat 185, Allah berfirman: Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu.

Berikut dirangkum dari Merdeka, Kamis (7/10/2021), mengenai tata cara sholat bagi orang sakit.

Orang yang sedang sakit diberi kemudahan dalam sholat, dimulai dari cara wudhu dapat diganti dengan tayamum, begitu juga dengan gerakan sholat yang lebih ringan.

Selain itu, orang yang sedang sakit diperbolehkan pula untuk mengerjakan sholat dengan jama taqdim, seperti menggabungkan sholat zuhur dan ashar di waktu zuhur tiba.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sholat Posisi Duduk

Syarat melakukan sholat dalam posisi duduk, jika seseorang tidak sanggup berdiri. Seseorang dapat melakukannya dengan duduk layaknya duduk di antara dua sujud atau duduk sambil meluruskan kaki sambil menghadap kiblat. Posisi sholat duduk tergantung pada sakit yang di derita.

Berikut tata cara sholat posisi duduk:

  • Mengerjakan gerakan rukuk dengan duduk membungkuk sedikit, gerakan tangan layaknya sholat biasa.
  • Cara mengerjakan sujud, bisa dengan sujud biasanya. Kecuali bagi yang sholat dengan meluruskan kaki, gerakan sujud dapat dilakukan dengan lebih bungkuk dari pada gerakan rukuk sebelumnya.

 

3 dari 4 halaman

Sholat Posisi Tidur

Syarat melakukan sholat dalam posisi tidur, dapat dilakukan jika orang sakit tidak dapat mengerjakan sholat dengan duduk. Dilakukan dengan posisi tidur terlentang, wajah menghadap kiblat dan posisi bantal lebih tinggi.

Berikut tata cara sholat posisi tidur:

Cara mengerjakan rukuk cukup dengan menggerakan kepala sedikit menekuk. Cara mengerjakan sujud, sama seperti dengan sholat posisi duduk. Kepala lebih ditekukkan ke dalam dari gerakan rukuk sebelumnya. 

Penulis:

Alicia Salsabila

4 dari 4 halaman

Infografis 5 Saran Dokter untuk Penyintas Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.