Sukses

Idap Kondisi Langka, Gadis 16 Tahun Menua Sebelum Waktunya

Hanya dalam waktu dua tahun, Raizel Calago bertransformasi dari seorang gadis muda cantik menjadi wanita tua layaknya nenek-nenek.

Liputan6.com, Filipina - Seorang gadis berusia 16 tahun dari Filipina, mengalami kondisi langka yang menyebabkan penampilannya lebih tua dari usia aslinya.

Hanya dalam waktu dua tahun, Raizel Calago bertransformasi dari seorang gadis muda menjadi wanita tua layaknya nenek-nenek.

Melansir dari Oddity Cental, Kamis (7/10/2021), dia mengatakan bahwa mulai melihat kerutan di kulitnya hanya beberapa hari setelah ruam muncul di sekujur tubuhnya. Bintik-bintik merah dan gatal yang menyakitkan saat disentuh muncul di tubuhnya secara tiba-tiba.

Karena kondisinya tersebut, dia pun segera memeriksakannya ke dokter. Namun, dokter hanya mengatakan itu disebabkan oleh serangga.

Dia kemudian diberi obat, tapi itu tidak membantu. Setelah itu dia mulai memperhatikan perubahan fisik pada penampilannya. 

“Sangat menyakitkan ketika mereka memberi tahu saya bahwa putri saya terlihat lebih tua dari saya. Kadang-kadang saya membayangkan ketika dia menjadi tua dan melihat betapa cantiknya dia,” kata ibu Raizel, Joela.

“Dia cantik sejak dia masih bayi, tapi sekarang wajahnya sangat jauh dari kecantikannya ketika masih muda,” lanjut wanita berusia 36 tahun itu.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadi tidak percaya diri

Sejak penampilannya berubah, gadis itu terlalu malu untuk bergaul dengan teman-temannya seperti dulu. Dia juga menghidari keluar tanpa masker yang menutupi sebagian besar wajahnya.

“Mereka bertanya kepada saya mengapa penampilan saya semakin tua. Saya tidak menjawabnya karena saya juga tidak tahu apa yang terjadi,” kata Raizel, kepada GMA Network. 

Dia hanya berharap agar penampilannya kembali seperti beberapa tahun lalu.

“Saya selalu berdoa agar saya menjadi lebih baik dan kulit serta penampilan saya yang lama akan kembali agar saya bisa berkumpul dengan teman-temanku lagi. Saya sekarang tidak bisa karena malu,” lanjutnya.

 

3 dari 4 halaman

Dibawa ke ahli endokrinologi

Raizel yang baru-baru ini tampil di acara TV Kapuso Mo, Jessica Soho dan tim produksi membawanya ke ahli endokrinologi, Dr James Young.

Setelah dilakukan pemeriksaan, dia didiagnosis awal progeria, kondisi langka yang menyebabkan kerutan atau penuaan pada kulit. Selain itu, kondisi tersebut juga menyebabkan pertumbuhan terhambat dan meningkatkan risiko mengalami serangan jantung, gagal jantung dan stroke.

4 dari 4 halaman

Kondisi fisiknya tidak bisa diubah

Sayangnya, perubahan fisik yang disebabkan oleh progeria tidak bisa diubah, sehingga yang dapat dilakukan dokter saat ini adalah melakukan yang terbaik untuk mencegah munculnya masalah kardiovaskular, mengobati osteoporosis dan masalah persendian, dua efek samping paling umum dari progeria.

Karena orang tuanya kekurangan biaya untuk membayar perawatan yang diperlukan, keluarganya telah membuat donasi untuk membantu biaya pengobatan gadis itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.