Sukses

5 Alasan Mengapa Anda Tak Disarankan Berjalan dengan Bertelanjang Kaki

Ini deretan hal yang akan terjadi jika Anda berjalan tanpa alas kaki setiap hari di rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Usai beraktivitas di luar rumah seharian, tak sedikit orang yang lantas melepas alas kaki mereka sesampainya di rumah. Namun, ada baiknya Anda tak benar-benar melepas alas kaki meski di dalam rumah sekalipun. 

Pasalnya, berjalan-jalan tanpa alas kaki di rumah bisa berdampak tidak menyenangkan bagi kesehatan dan kecantikan kaki Anda. Dilansir dari Brightside, Kamis (7/10/2021), ini deretan hal yang akan terjadi jika Anda berjalan tanpa alas kaki setiap hari.

1. Kaki Anda Lebih Rentan Terkena Bakteri

Bahkan jika Anda baru saja membersihkan lantai, itu tidak berarti bahwa lantai benar-benar bebas kuman. Lantai Anda mungkin terlihat bersih, namun kenyataannya masih ada debu rumah yang banyak mengandung bakteri dan jamur berbahaya. 

Jika Anda berjalan-jalan dengan kaki telanjang, Anda mengekspos diri Anda pada mikroorganisme yang dapat menginfeksi kulit kaki Anda. Ini dapat menginfeksi kuku kaki Anda dan menyebabkannya menguning dan rapuh.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Permukaan yang Keras Tidak Baik untuk Kaki

Berjalan tanpa alas kaki di rumput sesekali terasa menyenangkan dan bahkan dapat membantu Anda menghilangkan stres, tetapi melakukannya di dalam ruangan sebenarnya dapat merusak kaki Anda. 

Permukaan yang lebih lembut memungkinkan kaki Anda menopang bagian dalam kaki Anda. Tetapi sebagian besar lantai terlalu keras dan berjalan tanpa alas kaki dapat menyebabkan tekanan yang pada akhirnya dapat menyebabkan rasa sakit pada tumit dan lutut Anda.

3 dari 5 halaman

3. Menyebabkan Cedera

Melepas sepatu Anda dan membiarkan kaki Anda bernapas pasti terasa menyenangkan setelah seharian bekerja, tetapi berjalan di sekitar rumah tanpa sepatu dapat menyebabkan Anda jatuh dan cedera. 

4 dari 5 halaman

4. Sakit Punggung

Berjalan tanpa alas kaki di permukaan yang keras menyebabkan distribusi berat yang tidak merata di seluruh kaki Anda.

Ketidakseimbangan ini dapat memperburuk kelainan bentuk kaki yang ada dan bahkan dapat mempengaruhi bagian atas tubuh Anda, menyebabkan lutut dan punggung terasa sakit.

5 dari 5 halaman

5. Menyebabkan Bau Kaki

Selain membuat kaki dan punggung Anda sakit, berjalan tanpa alas kaki secara teratur dapat menyebabkan bau badan yang tidak sedap.

Tidak memakai sepatu berarti tidak ada perlindungan terhadap bakteri di rumah. Saat Anda berjalan tanpa alas kaki, Anda dapat dengan mudah terkena infeksi ini, yang dapat menyebabkan kaki Anda berbau.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.