Sukses

5 Bahan Alami yang Ampuh Atasi Jerawat di Punggung

Ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk membantu mengatasi jerawat di punggung.

Liputan6.com, Jakarta Sebagian orang mungkin pernah mengalami adanya jerawat pada bagian punggung. Jerawat di punggung tentu dapat mengganggu penampilan, terlebih bagi Anda yang suka mengenakan pakaian dengan punggung terbuka.

Rupanya tak berbeda jauh dengan jerawat di wajah, penyebab jerawat di punggung bisa jadi karena adanya penumpukan minyak berlebih, kotoran, dan sel-sel kulit mati yang membuat pori-pori kulit tersumbat. 

Penyumbatan pori-pori kulit ini yang mengakibatkan bakteri berkumpul di bawah kulit. Selanjutnya jika ada peradangan, maka jerawat di badan bisa terjadi. 

Namun jangan khawatir, ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk membantu mengatasi jerawat di punggung. Simak ulasan berikut yang dilansir dari Boldsky:

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cuka Apel

Cuka apel ampuh mengatasi jerawat membandel di punggung. Kandungan antioksidan pada cuka apel mampu membunuh bakteri penyebab jerawat yang meradang. Caranya, oleskan cuka apel menggunakan cotton bud pada jerawat dan biarkan selama 10 menit. Setelah itu bilas tubuh dengan air dan oleskan pelembab kulit.⁠

3 dari 6 halaman

Kunyit

Kunyit merupakan salah satu bahan yang ampuh menyembuhkan jerawat di punggung. Caranya, campurkan dua sendok teh bubuk kunyit dengan satu sendok teh minyak wijen. 

Oleskan pasta tersebut pada bagian jerawat dan diamkan selama satu jam. Setelah itu, bilas tubuh dengan air hangat. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini dua kali sehari.⁠

4 dari 6 halaman

Garam

Garam mengandung magnesium, kalium, vitamin D, dan zinc yang bersifat antibakteri. Tak heran, garam dipercaya mampu mempercepat penyembuhan jerawat. Caranya cukup larutkan tiga sendok makan garam dengan 500 ml air, kemudian semprotkan ke bagian tubuh yang berjerawat.⁠

5 dari 6 halaman

Madu

Selanjutnya campuran madu dan sereal gandum juga mampu mengatasi jerawat di punggung. Campurkan dua sendok makan madu dengan dua sendok makan oatmeal. Lalu oleskan pasta tersebut ke bagian tubuh yang berjerawat dan diamkan selama 20 menit. Lakukan hal ini setiap hari sampai jerawat di punggung hilang.

6 dari 6 halaman

Tomat

Kandungan antioksidan, vitamin, serta lycopene pada tomat sangat bermanfaat menyembuhkan kulit yang berjerawat. Cara perawatannya juga sangat mudah. Anda hanya perlu menempelkan potongan tomat segar di kulit punggung yang berjerawat.⁠

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.