Sukses

Berusia 112 Tahun, Pria Asal Spanyol Pecahkan Rekor Dunia

Seorang kakek bernama Saturnino de la Fuente García dari Spanyol dinobatkan menjadi orang tertua yang hidup di usia 112 tahun.

Liputan6.com, Jakarta Seorang kakek bernama Saturnino de la Fuente García dari Spanyol dinobatkan menjadi orang tertua yang hidup di usia 112 tahun dan 211 hari. Saturnino memecahkan rekor dunia Guinness pada 10 September 2021 lalu. Saturnino lahir di Puente Castro, Spanyol, pada 11 Februari 1909. 

Hidup yang tenang dan tidak menyakiti siapa pun,” begitu jawaban Saturnino ketika ditanya rahasia umur panjangnya.

Saturnino mengatakan bahwa berkat tinggi badannya yang pendek, ia kemudian menghindari pertempuran dalam Perang Saudara Spanyol, yang dimulai pada tahun 1936. Dilansir dari Guinnessworldrecords, Saturnino menghabiskan tahun-tahun konflik itu untuk melanjutkan pekerjaannya seumur hidup sebagai pembuat sepatu.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ulang Tahun ke 112

Saturnino dan sang istri, Antonina, memiliki tujuh putri dan satu putra, yang sayangnya meninggal saat masih kecil. Kini Saturnino telah memiliki 14 cucu dan 22 cicit.

Meskipun dia tidak banyak bertemu keluarganya pada tahun lalu, terutama karena pandemi dan tindakan isolasi diri, namun seluruh keluarga berkumpul untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-112.

3 dari 3 halaman

Pecahkan Rekor Dunia Guinness

Pencapaian yang bermakna ini dirayakan dengan dikelilingi oleh cinta, menghormati kehidupan yang panjang, menginspirasi hingga sekarang memecahkan rekor.

Guinness World Records memberikan ratifikasi resmi untuk klaim umur panjang yang luar biasa dengan bantuan Konsultan Senior Gerontologi Robert Young dan Kelompok Riset Gerontologi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.