Sukses

4 Alasan Mengapa Sebaiknya Tidak Mandi Sebelum Tidur

Dari sudut pandang medis, mandi sebelum tidur bukanlah cara terbaik untuk tidur nyenyak.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak cara yang dilakukan individu agar bisa tidur lebih nyenyak, salah satunya dengan mandi air panas sebelum tidur.

Tidur dengan tubuh yang bersih setelah mandi memang rasanya lebih nyaman. Namun nyatanya, dari sudut pandang medis, mandi sebelum tidur bukanlah cara terbaik untuk tidur nyenyak.

Faktanya, kebiasaan yang tampaknya sehat ini lebih berbahaya bagi tubuh Anda. Berikut beberapa alasan mengapa mandi sebelum tidur tidak baik untuk Anda, seperti melansir dari Bright Side, Jumat (1/10/2021).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Sulit tidur

Mandi air panas atau mandi tepat sebelum Anda tidur mungkin tampak santai. Namun nyatanya, itu bisa mengganggu tidur Anda.

Anda beristirahat lebih baik ketika suhu tubuh Anda sedikit lebih rendah dan saat tubuh Anda mulai mempersiapkan diri untuk tidur malam yang nyenyak, suhu tubuh akan turun sedikit. 

Mandi apalagi menggunakan air panas akan meningkatkan suhu inti Anda dan membingungkan tubuh Anda. Jika Anda merasa tidak bisa tidur tanpa mandi, pilihlah mandi air hangat satu atau dua jam sebelum tidur.

3 dari 5 halaman

2. Membuat jantung berdebar kencang

 

Jika Anda pernah merasa jantung berdetak lebih cepat setelah mandi air panas, sebenarnya ada penjelasan ilmiah untuk hal ini. 

Air panas meningkatkan tekanan darah Anda dan para ahli medis memperingatkan bahwa itu bahkan bisa membuat tubuh Anda menjadi sangat panas dan menyebabkan stres pada jantung Anda.

Saat jantung Anda berpacu, Anda cenderung menghabiskan malam dengan berguling-guling, yang pada akhirnya bisa menyebabkan lebih banyak masalah kesehatan.

4 dari 5 halaman

3. Berat badan bertambah

Makan malam yang lezat dan mandi air panas setelahnya memang menjadi cara yang sempurna untuk mengakhiri hari sebelum tidur. 

Namun pada kenyataannya, mandi setelah makan bisa membingungkan sistem pencernaan Anda dan menyebabkan penambahan berat badan.

Pencernaan membutuhkan peningkatan alirah darah menuju perut, dan mandi menyebabkan darah mengalir ke bagian lain dari tubuh.

Jika Anda merasa benar-benar perlu mandi di malam hari, lebih baik menunggu setidaknya 30 menit setelah makan.

5 dari 5 halaman

4. Buruk untuk rambut

Mandi tepat sebelum tidur, apalagi dengan kondisi rambut yang basah setelah keramas nyatanya tidak baik untuk kesehatan. 

Tidur dengan rambut basah akan menyebabkan sarung bantal menyerap kelembapan dan menciptakan lingkungan hangat dan lembap yang sempurna bagi pertumbuhan bakteri berbahaya.

Ini akan menyebabkan berbagai masalah kulit kepala, seperti gatal, iritasi dan ketombe.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.