Sukses

4 Alasan Mengapa Anda Harus Melepas Sepatu di Dalam Rumah

Ada beberapa alasan untuk mempertimbangkan kebijakan untuk tidak memakai sepatu di rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Di Jepang dan banyak negara Asia lainnya, melepas sepatu sebelum memasuki rumah merupakan sebuah kebiasaan yang dilakukan masyarakat di sana.

Ada banyak kotoran, debu, dan bakteri yang Anda bawa pulang di sepatu Anda, dan tidak heran orang Jepang, salah satu negara tersehat di dunia, lebih suka meninggalkan sepatu mereka di depan pintu.

Tapi selain kuman dan bakteri, ada beberapa alasan lain untuk mempertimbangkan kebijakan untuk tidak memakai sepatu di rumah. Dilansir dari Brightside, berikut ulasannya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Sepatu Mungkin Membawa Bakteri ke Rumah

Sepatu menarik banyak kuman berbahaya yang pada akhirnya akan menempel di semua permukaan tempat Anda berjalan, bahkan jika sepatu Anda masih baru dan tampak sangat bersih. Penelitian telah menunjukkan bahwa sekitar 40% sepatu dapat membawa bakteri yang disebut Clostridium difficile ke dalam rumah Anda.

Bakteri ini memicu infeksi yang resisten terhadap sebagian besar obat dan dapat menyebabkan diare dan peradangan di perut Anda. Itu juga dapat menyebar di sekitar rumah Anda dan hidup di permukaan yang kering untuk waktu yang lama. Ini juga bisa sangat sulit untuk dihilangkan.

3 dari 5 halaman

2. Kuman pada Sepatu Dapat Menyebabkan Iritasi Kulit

Berjalan-jalan di taman adalah cara yang bagus untuk menghilangkan stres setelah hari yang panjang, tetapi jangan lupa untuk mengganti sandal Anda segera setelah Anda memasuki rumah.

Pestisida dan bahan kimia berbahaya lainnya yang digunakan di taman dan halaman rumput dapat menempel di bagian bawah sepatu Anda dan memicu berbagai komplikasi kesehatan, termasuk iritasi kulit dan mata. Ini sangat penting jika Anda memiliki balita yang menghabiskan banyak waktu untuk merangkak dan bermain di lantai serta memasukkan mainan dari lantai ke dalam mulutnya.

4 dari 5 halaman

3. Sepatu Dapat Melukai Kaki Anda

Hanya 28 hingga 37% orang yang memakai sepatu yang benar-benar pas. Dan jika Anda pernah merasakan sakit pada kaki atau kaki bengkak, kemungkinan besar ukuran sepatu Anda tidak tepat. Mengenakan sepatu yang tidak pas dapat mengiritasi kulit pada jari kaki Anda dan menyebabkan memar bahkan kuku kaki yang tumbuh ke dalam.

5 dari 5 halaman

4. Anda akan Menghabiskan Lebih Sedikit Waktu untuk Membersihkan Rumah

Mengenakan sandal di rumah akan membuat kaki Anda lebih rileks dan lantai Anda lebih bersih. Kotoran, debu, dan minyak tidak akan terlacak ke dalam rumah Anda, dan Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk menyedot debu dan mengepel lantai Anda. Anda juga tidak perlu khawatir lantai kayu mahal Anda tergores oleh tumit dan sol yang abrasif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.