Sukses

Dokter Ini Bagikan Trik Mendapatkan Tidur Malam yang Nyenyak, Namanya: 10-3-2-1

Trik tersebut menurutnya dapat membantu Anda mendapatkan tidur nyenyak di malam hari

Liputan6.com, Jakarta Berapa banyak orang yang kesulitan untuk tidur nyenyak di malam hari? Alih-alih mendapatkan tidur nyenyak yang diharapkan, mayoritas orang justru harus berjuang agar bisa tidur.

Jika Anda merasakan hal yang sama, tak ada salahnya mencoba trik yang satu ini. Seorang dokter telah membagikan trik sederhana yang dikenal sebagai metode '10-3-2-1' yang akan membantu Anda mendapatkan tidur malam yang sempurna.

Dr Karan Raj, @dr.karanr , terkenal di TikTok karena video menghiburnya yang penuh dengan nasihat kesehatan. Salah satu videonya yang viral adalah topik yang memengaruhi banyak orang, yakni tidur nyenyak.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Trik 10-3-2-1

Terbangun di malam hari dan tidak bisa tidur adalah masalah umum, tetapi Dr Raj mengatakan itu tidak perlu - karena yang perlu Anda lakukan hanyalah mengikuti trik '10-3-2-1'-nya.

Dengan hanya memotong hal-hal yang berbeda pada waktu-waktu tertentu dalam sehari, tubuh Anda secara alami akan melakukan 'jalan pintas' sehingga ketika Anda pergi tidur, Anda akan dapat turun dengan cepat, dan tetap tertidur lelap.

 

3 dari 5 halaman

Caranya

Dr Raj berkata: "Inilah cara tidur lebih nyenyak dengan trik 10-3-2-1. Sepuluh jam sebelum tidur, tidak ada lagi kafein. Ini adalah waktu yang dibutuhkan tubuh Anda untuk membersihkannya dari aliran darah dan menghilangkan efek stimulasinya.

"Tiga jam sebelum tidur hindari makan besar, ini membantu menghindari mulas dan tidur terganggu. Juga hindari alkohol, karena ini mengganggu tidur REM Anda.

"Dua jam sebelum tidur, tidak ada pekerjaan. Ini membantu Anda masuk ke kondisi pikiran yang santai.

"Satu jam sebelum tidur, tidak ada menatap layar - itu berarti Netflix juga. Cahaya biru menghambat produksi melatonin yang menunda tidur."

 

4 dari 5 halaman

Viral di TikTok

Video Dr Raj populer di TikTok dan hingga kini telah menerima lebih dari 97.000 suka dan lebih dari seribu komentar. Kebanyakan dari warganet mengomentari masalah tidak boleh minum kopi 10 jam sebelum tidur.

Seorang pengguna berkata: "Kafein tidak memengaruhi tidur saya. Tidak memperbaikinya, tidak menghambatnya."

Dan yang lain menulis: "Sepuluh jam, tidak ada kafein? Seseorang perlu datang membesarkan anak-anak saya karena saya tidak akan bisa berfungsi."

"Aku malah tidur lebih cepat setelah minum kopi", tambah netizen lainnya. "Apa yang salah dengan saya?"

5 dari 5 halaman

Infografis kopi Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.