Sukses

Tak Hanya Satu, Kenali 5 Tipe Gangguan OCD yang Perlu Diketahui

Dari kelima tipe OCD, apakah Anda merupakan pengidap salah satu tipe OCD berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - OCD atau Obsessive Compulsive Disorder adalah kondisi kesehatan mental yang menyebabkan tindakan dan pikiran yang berulang yang tidak terkendali. Ketika tindakan berulang tersebut tidak dilakukan, seseorang yang memiliki OCD bisa merasa cemas atau ketakutan. 

Obsesi dan kompulsi adalah dua komponen utama OCD. Obsesi mengacu pada pikiran yang tidak diinginkan dan mengganggu yang menyebabkan kecemasan dan kesusahan yang signifikan.

Sedangkan, kompulsi adalah perilaku dimana seseorang merasa perlu untuk melakukan sesuatu secara berulang-ulang untuk mengurangi kecemasan mereka yang berasal dari obsesi. 

Tentunya obsesi dan kompulsi akan berbeda-beda pada setiap penderita OCD. Salah satu contoh tindakan yang biasa dilakukan pengidap OCD adalah merasa harus terus menerus membersihkan rumah meskipun mereka baru saja membersihkannya beberapa jam yang lalu. 

Ternyata gangguan OCD tidak hanya memiliki satu tipe, namun ada beberapa tipe lainnya. Nah, penasaran apa saja? Berikut ulasannya seperti melansir dari Times of India, Kamis (29/9/2021).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Membersihkan dan kontaminasi

Pada tipe pertama ini, pengidap OCD akan terus menerus merasa terkontaminasi terhadap kuman. Mereka biasanya sangat mudah untuk sakit dan cenderung mengasingkan diri karena takut menulari orang lain.

Mereka juga merasa harus membersihkan dan mendesinfeksi diri mereka sendiri dan lingkungan mereka. Tentunya hal ini sering mempengaruhi kesehatan fisik mereka, bahkan terkadang mereka membersihkan diri sampai berdarah-darah. 

Terdapat beberapa tanda untuk mengenali jenis OCD ini. Yang pertama, takut tertular penyakit melalui paparan kuman. Kedua, mencuci tangan secara berlebihan dan yang ketiga adalah menghindari untuk bertemu dan menyentuh orang lain.

3 dari 6 halaman

2. Simetri dan keteraturan

Seseorang yang mengidap OCD tipe ini biasanya memiliki ketakutan obsesif terhadap objek tertentu yang tidak simetris. Pengidap OCD simetri ini cenderung menghabiskan waktunya dalam melipat pakaian.

Mereka sangat memperhatikan detail kerapihan lipatannya dan akan merasa risih apabila lipatan tersebut tidak rapi atau tidak simetris. 

Beberapa gejala umum yang dimiliki oleh pengidap OCD jenis ini adalah mereka selalu memeriksa kunci beberapa kali, sering menghitung langkah saat mereka berjalan, menghitung ubin di dinding dan sempurna dalam mengatur kesamaan letak suatu barang agar tetap simetris dengan yang lainnya. 

Mereka biasanya ingin semua barang-barang mereka serba lurus dan rapi. Mereka juga senang menata sesuatu berdasarkan warna, pola dan bentuk yang di tata serapi mungkin. 

4 dari 6 halaman

3. Pikiran-pikiran yang tidak mereka inginkan

Pengidap OCD memiliki pikiran yang mengganggu mereka, yaitu pikiran yang memasuki kesadarannya tanpa peringatan apapun. Contohnya seperti pikiran ingin menyakiti orang lain. Biasanya kita memang pernah mengalami pikiran semacam ini, namun jika kita tidak bisa mengendalikannya, akan menjadi OCD. 

Pikiran ini akan membuat pengidapnya merasa malu atau emosi negatif yang diikuti dengan tindakan tidak logis untuk menghentikan pikiran tersebut. Salah satu contohnya adalah menyendiri, menghindari orang dan tempat. Biasanya, pengidap OCD dengan jenis ini berusaha mencoba untuk menahan atau menyembunyikan pikiran-pikiran yang mengganggu mereka

5 dari 6 halaman

4. Hal yang menimbulkan bahaya

Pengidap OCD biasanya sering merasa khawatir atau takut karena pikiran mereka fokus akan terjadinya hal-hal yang menimbulkan ancaman atau bahaya. Mereka takut akan terjadi kebakaran, kemalingan, kecelakaan dan lain-lain yang dapat membahayakan mereka.

Beberapa pemikiran dan perilaku yang menunjukkan bahwa seseorang merupakan OCD tipe ini adalah melakukan aktivitas fisik dan mental yang menurut mereka akan menghentikan hal-hal buruk terjadi dan obsesi untuk meninjau ulang tindakan yang mereka lakukan untuk memastikan mereka tidak merugikan siapapun.

6 dari 6 halaman

5. Penimbunan barang-barang

Mungkin sebagian individu seringkali kesulitan dalam memilah barang-barang yang tertumpuk di rumah meskipun sudah tidak terpakai lagi. Namun, seseorang dengan tipe OCD ini tidak mampu membuang barang-barang yang sudah usang atau sudah tua. Mereka memiliki banyak barang yang tertumpuk di kamar mereka. 

Tanda-tanda yang menunjukan seseorang memiliki OCD tipe ini biasanya tidak dapat melepaskan hal-hal yang tidak berguna lagi, tidak membiarkan orang mengunjungi rumah Anda karena merasa malu dan kesulitan dalam membuat keputusan sederhana.

 

Penulis:

Stephanie

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.