Sukses

Masih Dipercaya, 7 Tips Kecantikan Ini Ternyata Berbahaya Bagi Kulit Wajah

Sebaiknya Anda jangan langsung percaya dengan tips-tips kecantikan yang ada.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk memiliki kulit wajah yang sehat dan berseri tentu perlu melakukan perawatan rutin. Selain menggunakan produk kecantikan, banyak individu bahkan memilih menggunakan bahan alami untuk perawatan wajah agar lebih aman.

Kini berbagai tips kecantikan bahkan bisa dengan mudah didapatkan di internet. Tak heran jika kita mulai mencoba dan mempercayai tips-tips tentang kecantikan tersebut.

Namun, sebaiknya Anda jangan langsung percaya dengan tips-tips kecantikan yang ada. Sebab, bisa jadi itu akan berdampak buruk dan merusak kulit Anda.

Berikut beberapa perawatan wajah yang banyak dipercaya, namun sebenarnya berbahaya bagi kulit wajah Anda, seperti melansir dari Bright Side, Senin (27/9/2021).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Menggunakan masker DIY yang membuat kulit bewarna

Masker dari bahan alami banyak dipilih karena bermanfaat untuk kulit wajah. Namun, nyatanya Anda perlu waspada dengan bahan alami yang Anda gunakan. 

Beberapa bahan alami seperti kunyit dan wortel malah hanya akan membuat kulit Anda berubah warna dan sulit dihilangkan.

3 dari 8 halaman

2. Menggunakan minyak kelapa ke wajah

Ahli mengatakan bahwa minyak kelapa sangat komedogenik. Akibatnya, itu akan menyumbat pori-pori sehingga kemungkinan besar akan menyebabkan jerawat dan komedo. 

Hal yang sama juga berlaku untuk kulit di tubuh Anda. Jika Anda ingin merawat kulit Anda, lebih baik menggunakan krim khusus daripada memakai minyak kelapa.

4 dari 8 halaman

3. Menggunakan lemon untuk mencerahkan kulit

Banyak kaum hawa ingin memiliki kulit yang cerah dan berseri. Lemon pun dipilih sebagai perawatan wajah mereka karena diklaim bisa mencerahkan kulit.

Namun, nyatanya lemon memiliki pH 2-3 dan itu bisa merusak pelindung kulit. Sementara itu, sebagai perbandingan, pH kulit Anda antara 4-5. 

Meski menggunakan lemon bisa sedikit mencerahkan kulit wajah. Namun, setelah terkena sinar matahari, kulit bisa mengalami lecet dan iritasi.

5 dari 8 halaman

4. Menggunakan cuka apel untuk mengatasi bau badan

Banyak individu yang memiliki masalah bau badan memilih menggunakan cuka apel untuk mengatasinya. Namun nyatanya, cuka apel malah akan membuat luka bakar pada kulit Anda karena asamnya yang kuat. 

Setelah mengaplikasikannya ke tubuh, Anda hanya akan mendapatkan kulit yang teriritasi, terutama jika cukanya tidak diencerkan.

6 dari 8 halaman

5. Eksfoliasi dengan baking soda dan kopi

Baking soda dikenal bisa membantu pengelupasan kulit dan mengangkat sel kulit mati serta bakteri. Namun di sisi lain, kulit Anda bisa menjadi rentan kehilangan kelembaban dan menjadi kering. 

Hilangnya penghalang kelembaban juga akan menyebabkan pertumbuhan bakteri asing.

7 dari 8 halaman

6. Mengoleskan pasta gigi untuk mengecilkan jerawat

Banyak individu, khususnya para wanita memilih mengoleskan pasta gigi pada jerawat yang muncul di kulit wajah. Meski cara tersebut terkadang ampuh, namun mulai saat ini, lebih baik hindari cara tersebut.

Nyatanya cara itu bukan malah membuat jerawat mengecil. Sebaliknya, itu kemungkinan akan membakar dan mengiritasi kulit Anda, terutama wajah Anda. Selain itu, juga bisa menyebabkan ruam yang dikenal sebagai dermatitis kontak.

8 dari 8 halaman

7. Menggunakan uap untuk menenangkan kulit

Menguap wajah secara berlebihan nyatanya hanya akan membuat kulit Anda teriritasi dan kering. Pastikan Anda tidak sering melakukan perawatan ini dan mengatur suhu uap. 

Sebab, panas bisa merusak kolagen dan menyebabkan kerutan di wajah muncul lebih cepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.