Sukses

Meniru Video TikTok, Bocah 6 Tahun Dilarikan ke Rumah Sakit Setelah Menelan 23 Bola Magnet

Aksi bocah itu meniru video TikTok mengancam nyawanya

Liputan6.com, Jakarta Seorang ibu telah mengeluarkan peringatan keras setelah putrinya yang berusia enam tahun harus dilarikan ke rumah sakit. Bocah itu harus menjalani operasi penyelamatan setelah menelan 23 bola magnet.

Anak itu telah bermain dengan magnet di sekolah sebelum membawanya pulang untuk membuat perhiasan untuk boneka di Lewes, Sussex. Selama beberapa hari, 23 magnet kuat itu berada di perut bocah itu yang kemudian merobek ususnya.

Ahli bedah rumah sakit yang melakukan operasi darurat mengatakan magnet itu 'berpotensi fatal'. Setelah mengorek informasi dari bocah tersebut, diketahui ia melakukan aksi tersebut karena meniru video dari TikTok.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Meniru video Tiktok

Ibu gadis itu, yang bernama Tanith, mengatakan magnet yang ditunjukkan digunakan untuk meniru tindikan lidah dalam video TikTok.

Keluarga itu telah menemukan lebih banyak magnet di kamar tidur gadis kecil itu.

Menurut BBC, ibunya berkata, "Saya ingin memperingatkan orang tua tentang bahaya anak-anak mereka bermain dengan magnet.

"Saya ingin menegaskan betapa berbahayanya magnet ini."

 

3 dari 6 halaman

Menjepit usus

Tanith mengatakan putrinya memberi tahu dia bahwa magnet 'terasa enak' di mulutnya saat dia bermain dengannya.

Magnetnya begitu kuat sehingga mereka menjepit di ususnya setelah dia menelannya.

Dia pertama kali mengalami sakit perut pada 12 September, dan telah muntah selama dua hari ketika mereka membawanya ke dokter umum.

Ketika dia tidak membaik, mereka membawanya ke Rumah Sakit Anak Royal Alexandra di mana dia didiagnosis menderita radang usus buntu.

 

4 dari 6 halaman

Berpotensi fatal

Ketika ahli bedah memulai operasi untuk mengangkat usus buntunya, mereka menemukan untaian magnet di ususnya.

Konsultan ahli bedah anak Costa Healy, yang melakukan operasi, mengatakan magnet dapat menyebabkan cedera yang mengubah hidup dan 'berpotensi fatal'.

"Sebagian besar waktu kami melakukan tindakan tepat waktu untuk menyelamatkan kasus-kasus seperti ini, tetapi jika saya adalah orang tua dengan magnet jenis ini di rumah, saya akan menyingkirkan mereka."

 

5 dari 6 halaman

Kembali pulih

Gadis itu dipulangkan Senin lalu dan sekarang pulih di rumah.

"Dia telah menjalani operasi besar dan itu luar biasa baginya, dan dia memiliki bekas luka sepanjang 10cm" kata ibunya.

"Itu bisa saja jauh lebih buruk - tidak ada kerusakan permanen. Kami sedang melihat kemungkinan dia membutuhkan stoma."

 

6 dari 6 halaman

Bukan kejadian pertama

Sementara itu, dalam insiden serupa di Skotlandia awal bulan ini, seorang anak laki-laki berusia sembilan tahun hampir meninggal setelah menelan magnet untuk tantangan TikTok.

Dia menelan dua bola magnet setelah mengambil bagian dalam lelucon TikTok yang viral, yang membuatnya membutuhkan operasi segera.

Sebuah sekolah dasar di Stirling membagikan postingan yang memberi tahu orang tua tentang bahaya tantangan TikTok setelah bocah itu membutuhkan 'operasi serius dan mengubah hidup'.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.