5 Manfaat Susu untuk Kecantikan dan Cara Menggunakannya

Oleh Yulia Lisnawati pada 25 Sep 2021, 19:03 WIB
Diperbarui 25 Sep 2021, 19:03 WIB
Susu Rendah Lemak
Perbesar
Ilustrasi Susu Rendah Lemak Credit: pexels.com/Charlotte

Liputan6.com, Jakarta - Setiap individu, khususnya kaum hawa menginginkan kulit yang sehat dan cantik. Tak heran jika wanita rela melakukan berbagai perawatan untuk memiliki kulit idaman. 

Selain menggunakan produk kecantikan, Anda juga bisa melakukan berbagai bahan alami yang ada di rumahmu, seperti susu.

Susu penuh dengan vitamin dan mineral. Selain baik untuk kesehatan, susu juga memberikan keajaiban untuk kulitmu.

Nah, penasaran bagaimana menggunakan susu untuk mempercantik kulit dan melawan masalah kulitmu? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Sabtu (25/9/2021).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

1. Susu dan oatmeal

Oatmeal
Perbesar
Ilustrasi Oatmeal Credit: pexels.com/Melissa

Pori-pori yang tersumbat seringkali menjadi penyebab banyak masalah kulit, seperti komedo dan jerawat. Oatmeal membantu membersihkan kulitmu dan mengeluarkan semua kotoran dari pori-porimu.

Sementara susu bekerja secara ajaib untuk menenangkan dan melembabkan kulitmu.

Yang kamu butuhkan satu cangkir susu dan 3 sdm oatmeal bubuk. Campurkan dua bahan tersebut dan aduk rata hingga mendapatkan campuran yang kasar.

Lalu oleskan campuran tersebut ke wajahmu dan gosok wajah dengan lembut selama beberapa menit. Biarkan di wajahmu selama 10 menit lagi hingga kering. Bilas dengan air sambil menggosok wajahmu dengan lembut.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

2. Susu dan almond

Menggunakan Almond
Perbesar
Ilustrasi Kacang Almond Credit: pexels.com/pixabay

Almond kaya akan vitamin E yang bisa meningkatkan produksi kolagen di kulit untuk memperbaiki tekstur dan penampilan kulit. Susu mengandung biotin dan protein yang memperbaiki jaringan yang rusak dan layu untuk merevitalisasi kulitmu.

Yang kamu butuhkan satu cangkir susu dan 1/2 cangkir almond. Lalu rendam almond dalam susu semalaman. Di pagi hari, haluskan keduanya dan buat pasta.

Selanjutnya oleskan pasta tersebut hingga merata ke wajahmu. Biarkan selama 15-20 menit hingga mengering. Bilas hingga bersih.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

3. Susu dan kunyit

Ilustrasi Kunyit
Perbesar
Ilustrasi Bubuk Kunyit Credit: pixabay.com/SteveBuissine

Susu bisa mengelupas kulit, sementara kunyit dengan khasiat antiseptik dan anti-inflamasi menyembuhkan kulit dan mengembalikan kilau alami kulitmu.

Yang kamu butuhkan, 1 sdm susu dan 1/4 sdm kunyit. Campur kedua bahan tersebut hingga rata. Lalu oleskan campuran ini ke wajahmu. Biarkan selama 15-20 menit. Cuci bersih.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

4. Susu dan madu

Menggunakan Madu dan Minyak Zaitun
Perbesar
Ilustrasi Minyak Zaitun Credit: pexels.com/pixabay

Jika kamu memiliki kulit yang sangat kering, gunakan masker wajah dari susu dan madu untuk membersihkan, melembabkan dan menenangkan kulitmu.

Yang kamu butuhkan, 2 sdm susu mentah, 1 sdm madu dan kapas. Lalu aduk madu dan susu hingga merata. Oleskan campuran ini ke wajahmu menggunakan kapas. Biarkan campuran ini menempel di kulitmu selama 15-20 menit. Bilas dengan air.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

5. Susu dan pisang

Efektif untuk Program Penurunan Berat Badan
Perbesar
Ilustrasi Buah Pisang Credit: pexels.com/Qeela

Susu dan pisang sangat cocok untuk individu yang memiliki kulit sensitif. Asam laktat dalam susu membantu melawan hiperpigmentasi, sementara vitamin A yang ada dalam pisang mengunci kelembapan di tempat yang membuat kulitmu lembut, bergizi dan bercahaya.

Yang kamu butuhkan sebuah pisang matang dan susu sesuai kebutuhan. Haluskan pisang hingga menjadi bubur, tambahkan susu secukupnya dan aduk rata hingga menjadi pasta kental.

Lalu oleskan pasta ini ke wajah dan lehermu. Biarkan selama 15-20 menit hingga kering. Bilas hingga bersih.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya