Sukses

Hanya dari 3 Bahan, Pencahar Alami Ini Dijamin Ampuh Atasi Sembelit

Pencahar alami ini terbukti efektif untuk kasus sembelit yang paling parah.

Liputan6.com, Jakarta Tak sedikit dari kita yang pernah mengalami masalah pencernaan seperti sembelit. Sembelit tentu sangat menganggu. Menurut para ahli, sembelit dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti kurang gerak, stres berlebihan, usia, obat-obatan, vitamin tertentu, kurang serat dan air dan banyak hal lain yang dapat menyebabkannya. 

Ada begitu banyak obat pencahar yang dijual di pasaran, namun ada baiknya Anda mengonsumsi obat pencahar yang dibuat dari bahan alami.

Dilansir dari healthylifetricks, Anda dapat membuat pencahar alami dari beberapa bahan. Pencahar alami ini terbukti efektif untuk kasus sembelit yang paling parah dan bahkan para dokter meresepkannya sebagai obat. Bagi Anda yang ingin mencoba membuat, berikut bahan-bahan yang perlu disiapkan.

Bahan-bahan:

  • 1 cangkir kurma
  • 1 cangkir buah prune
  • 5 gelas air mendidih

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Membuat

Ini sangat sederhana pertama, Anda perlu memotong kurma dan prune menjadi potongan-potongan kecil dan menambahkannya ke dalam air mendidih. Prune sendiri merupakan buah plum yang dikeringkan. 

Kemudian, Anda perlu memasaknya sampai campuran menjadi kental. Campuran ini berguna dan bermanfaat bagi orang-orang dari segala usia. Anda dapat mengkonsumsinya seperti menambahkannya ke sarapan pagi Anda, baik itu segelas yogurt, semangkuk sereal atau apa pun yang Anda suka.

3 dari 3 halaman

Bagaimana Pencahar Ini Bekerja?

Inilah yang perlu Anda ketahui, buah prune sarat dengan serat dan memiliki sorbitol dalam jumlah tinggi, yang merupakan gula alami yang mengencerkan tinja. Ini meringankan gejala sembelit Anda dalam waktu singkat.

Atau, Anda dapat mencoba metode ini sebagai gantinya. Caranya cukup tambahkan plum kering ke dalam air dan biarkan semalaman untuk kemudian diminum di pagi hari. 

Ini akan membantu Anda untuk buang air besar di pagi hari. Para ahli mengatakan bahwa serat yang larut memungkinkan membuat kotoran lebih lembut, lebih besar, dan dengan demikian lebih mudah melewati usus Anda. Dan, jangan lupa untuk melakukan perubahan gaya hidup seperti makan makanan sehat, minum banyak air, hindari alkohol, tidur lebih banyak, dll.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.