Sukses

4 Alasan Ternyata Ngemil Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh

Konsumsi cemilan ternyata juga bisa bermanfaat untuk tubuh kita

Liputan6.com, Jakarta - Tentunya setiap orang memiliki pendapat yang berbeda-beda tentang ngemil. Sebagian dari Anda percaya bahwa itu sehat, sedangkan ada juga yang menganggap bahwa ngemil dapat membahayakan Anda dan dapat menambah berat badan. Dikutip dari Bright Side, faktanya ngemil memiliki begitu banyak manfaat. 

Tentunya ngemil yang dapat memberikan manfaat yang baik bagi tubuh adalah dengan mengonsumsi cemilan yang sehat. Berikut ini adalah empat alasan ngemil bisa bermanfaat untuk Anda seperti mengutip Bright Side. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bisa Mendapatkan Banyak Vitamin

Ngemil yang dapat membantu Anda memasukkan lebih banyak nutrisi ke dalam tubuh Anda adalah makan buah dan sayuran. Sulit untuk mendapatkan semua kebutuhan vitamin dalam tubuh kita hanya dengan makan tiga kali sehari. 

Anda dapat memilih buah atau sayuran untuk cemilan di siang hari. Jika Anda mendapatkan cukup banyak vitamin, hal ini dapat membantu Anda untuk mengatasi kuku yang mudah rapuh dan kerontokan rambut. 

3 dari 5 halaman

Cenderung Tidak Makan Berlebihan

Mungkin sebagian orang merasa tidak cukup bila hanya sarapan, makan siang, dan makan malam. Sebagian orang merasa harus mengkonsumsi sesuatu untuk lebih bertenaga menjalani hari-hari. Nah, camilan ringan bisa membantu Anda lebih bertenaga dan mencegah Anda untuk konsumsi makan secara berlebihan. 

Anda dapat menjadwalkan waktu nyemil Anda agar Anda bisa tetap mengontrol asupan makan Anda. Namun perlu diperhatikan, camilan yang terlalu berlebihan juga tidak baik karena dapat menambah berat badan Anda. 

4 dari 5 halaman

Dapat Membantu Mengurangi Stres

Biasanya ketika seseorang merasa sedang sedih, lelah atau suntuk pada pekerjaan, mereka akan mencari camilan. Seseorang yang sedang merasa sedih tubuhnya akan melepaskan kortisol. Menurut ahli gizi, tubuh yang melepaskan kortisol akan menyebabkan gula darah Anda menurun. Jadi, ketika Anda sedang merasa frustasi, ambillah camilan sehat untuk meningkatkan hormon serotonin Anda yang dapat mengembalikan suasana hati Anda. 

5 dari 5 halaman

Membantu Mendapatkan Istirahat yang Sehat

Makan sebelum tidur memang tidak sehat namun ini tidak sepenuhnya benar. Yang terpenting adalah Anda memperhatikan makanan apa yang akan Anda konsumsi sebelum tidur.

Salah satu contohnya adalah almond. Makanan ini dipercaya dapat meningkatkan kualitas tidur Anda karena mengandung melatonin. Selain itu mengkonsumsi makanan yang kaya akan kalsium juga dapat mencegah kesulitan tidur. Kemudian, minum secangkir susu panas atau teh chamomile sebelum tidur juga bisa membantu Anda untuk menurunkan berat badan. 

Penulis:

Stephanie

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.