Sukses

Dokter Sarankan Anda Agar Tak Minum Kopi di Pagi Hari, Ini Alasannya

Seorang dokter memperingatkan Anda agar tidak minum kopi di pagi hari, lantas apa alasannya?

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda salah satu dari jutaan orang yang bangun di pagi hari untuk secangkir kopi segar, Anda tentu tidak sendirian. Begitu banyak dari kita merasa seperti tidak bisa bersemangat atau menyelesaikan pekerjaan apa pun, sampai kita menyeruput kopi di pagi hari untuk memenuhi kebutuhan kafein kita.

Namun, ternyata kita salah, dan pada kenyataannya, kita harus membiarkan tubuh kita bekerja secara alami tanpa minum kopi di pagi hari.

Dilansir dari Mirror, berbicara di BBC Morning Live, Dr Karan Raj, yang terkenal karena berbagi tips kesehatan di TikTok, memperingatkan bahwa kita sama sekali tidak boleh minum kopi di pagi hari.

"Jangan minum kopi di pagi hari untuk membangunkanmu," katanya, dalam klip yang kemudian dibagikan ke TikTok-nya. 

"Tubuh Anda secara alami membangunkan Anda dengan kortisol, Anda mendapatkan lonjakan kortisol di pagi hari."

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pertengahan Hari

Sebagai gantinya, Dr Raj menyarankan untuk menyimpan kafein itu sampai pertengahan hari, setelah kadar kortisol alami itu berkurang dan Anda akan mengalami sedikit penurunan energi.

"Simpan kopi Anda sampai pertengahan pagi ketika kadar kortisol dan tingkat energi Anda turun sehingga Anda mendapatkan dorongan kafein dan itu akan menjadi lebih baik," katanya.

3 dari 3 halaman

Banyak Orang Tak Sependapat

Namun, pengikut TikTok Karan tak sependapat dengan banyak komentar mengatakan bahwa mereka tidak mungkin membayangkan dapat melanjutkan hari mereka tanpa kopi.

"Ah tidak, harus minum kopi dulu di pagi hari atau kita tidak bisa berteman," tulis salah satu pengguna TikTok. 

Pengguna yang lain menambahkan, "Bisakah saya minum kopi dulu dan pagi hari sebagai kompromi?"

Sementara itu, yang ketiga bercanda, "Saya pasti kekurangan kortisol, karena saya membutuhkan setidaknya setengah jam untuk bangun setiap pagi.

Namun satu pengguna berkomentar dan mengatakan bahwa mereka telah menguji saran itu seminggu yang lalu dan mengatakan bahwa tubuh mereka terasa bugar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.