Sukses

Tanpa Disadari, 7 Kebiasaan Ini Bikin Anda Sulit Tidur Nyenyak

Tanpa disadari, beberapa kebiasaan yang Anda lakukan bisa merusak waktu tidur Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki kualitas tidur yang baik tentu akan membuat seseorang bisa melakukan aktivitas keesokan harinya dengan baik. Dengan tidur yang cukup, tentu akan mempengaruhi energi yang dimiliki untuk menjalani aktivitas selama seharian.

Namun, banyak individu memiliki masalah tidur. Tanpa disadari, beberapa kebiasaan yang Anda lakukan bisa merusak waktu tidur Anda.

Nah, penasaran apa saja kebiasaan yang membuat Anda sulit tidur nyenyak? Berikut ulasannya seperti melansir dari Bright Side, Selasa (21/9/2021).     

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Langsung ke tempat tidur

Setelah menjalani aktivitas seharian penuh, tentu Anda hanya ingin mengistirahatkan badan di atas ranjang. Namun nyatanya, itu malah akan membuat Anda kesulitan tidur.

Coba untuk melakukan ritual malam sebelum tidur, seperti membaca buku. Ritual malam tidak harus ribet, Anda hanya cukup memilih salah satu kegiatan yang bisa menenangkan pikiran Anda sehingga membuat Anda tertidur lebih cepat.

3 dari 8 halaman

2. Minum teh hitam sebelum tidur

Teh herbal dikenal karena efek menenangkan dan telah banyak digunakan untuk mengatasi insomnia selama bertahun-tahun. 

Meski banyak teh seperti chamomile, lavender dan teh hitam diklaim mampu membuat Anda rileks dan bahkan meningkatkan kualitas tidur, namun beberapa minuman itu malah bekerja sebaliknya.

Teh hitam mengandung kafein yang tinggi sehingga bisa menyebabkan kegugupan dan insomnia.

4 dari 8 halaman

3. Tidur dengan jenis selimut yang salah

Banyak individu terbiasa tidur dengan menggunakan selimut. Nyatanya, memilih selimut yang tepat sangat penting untuk kualitas tidur yang baik.

Selimut yang terbuat dari polyester mudah dicuci dan dirawat, tapi bukan pilihan terbaik untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak.

Polister adalah bahan sintesis, yang berarti tidak bernapas dan tidak memungkinkan tubuh Anda mengatur suhunya. Itu menyebabkan Anda merasa panas dan berkeringat.

Alih-alih membeli selimut berbahan polieter, Anda lebih baik menggunakan selimut dari wol karena akan membuat Anda tetap hangat dan membuat kulit Anda bernapas.

5 dari 8 halaman

4. Pergi ke gym malam hari

Olahraga memang membantu Anda rileks dan menghilangkan kecemasan yang bisa meningkatkan kualitas tidur Anda. Namun, berolahraga terlalu larut malah akan mengganggu waktu tidur Anda. 

Pergi ke gym satu jam sebelum tidur malah tidak akan memberikan waktu bagi suhuh tubuh Anda untuk turun, yang menyebabkan Anda gelisah dalam tidur dan bangun di malam hari. 

Namun, jika Anda suka berolahraga di malah hari, lakukan olahraga dengan intensitas rendah setidaknya 4 jam sebelum tidur.

6 dari 8 halaman

5. Melewatkan sarapan

Sarapan menjadi penting agar Anda memiliki energi dan bisa menjalani aktivitas dengan baik. Jika Anda memulai aktivitas tanpa sarapan, itu tidak hanya mempengaruhi berat badan, kemampuan berkonsentrasi, tapi juga kualitas tidur Anda. 

Individu yang sering melewatkan sarapan cenderung kurang tidur dan bangun dengan perasaan rewel.

7 dari 8 halaman

6. Mengenakan piyama

Banyak individu memilih mengenakan piyama sebagai pakaian tidur. Namun, beberapa bahan piyama sebenarnya terlalu hangat sehingga menganggu tidur Anda.

Kita akan tidur lebih nyenyak ketika suhu tubuh kita sedikit menurun. Dan jika tidur telanjang tidak cocok untuk Anda, pilihlah pakaian tidur dengan bahan linen atau katun. 

8 dari 8 halaman

7. Karpet di kamar

Karpet memang membuat setiap ruangan terlihat nyaman. Namun, meletakkan karpet di sekitar tempat tidur bukanlah pilihan terbaik untuk istirahat malam yang nyenyak. 

Karpet dengan mudah menangkap debu dan tungau, dan menjadikannya tempat berkembang biak yang sempurna bagi bakteri berbahaya.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kualitas udara dalam ruangan sangat penting untuk tidur Anda, bahkan bisa memengaruhi aktivitas Anda keesokan harinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.